632 Kali Dibaca

Siap Tuan Rumah Porprov, Agus Damalante Apresiasi Bupati Amirudin

  • Bagikan
Agus Damalante
Agus Damalante

Reporter Sofyan Labolo

LUWUK menjadi orang pertama yang mengapresiasi statemen , H. Amirudin yang secara tegas menyatakan kesiapan Kabupaten menjadi tuan rumah pekan olahraga provinsi (Porprov) ke IX se tahun .

Respon Pengkab Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Kabupaten Banggai ini, tentu punya sejumlah alasan.

“Sebagai bagian dari masyarakat Kabupaten Banggai saya mengapresiasi keputusan Bupati Banggai agar daerah ini menjadi tuan rumah pelaksanaan Porprov ke IX se Sulteng tahun depan,” kata Agus Damalante, Sabtu (20/11) tadi malam.

BANGGAI BERSYARAT

Bendahara Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) Kabupaten Banggai ini mengatakan, terlepas Kota yang memiliki peluang, pasca Kabupaten Buol gagal menjadi , Kabupaten Banggai juga bersyarat menjadi pelaksana ajang olahraga tingkat regional empat tahun sekali tersebut.

Baca Juga:  Konsep Herwin Yatim buat Eksistensi PSSI Banggai

Baca juga: Banggai Siap jadi Tuan Rumah Porprov ke IX se Sulteng

Selain memiliki 24 cabang olahraga (cabor) yang nantinya akan dipertandingkan dan diperlombakan pada Porprov tahun depan (minus cabor eksebisi), Kabupaten Banggai juga punya venue yang tidak kalah bersaing dengan ibukota Sulteng itu.

“Kami punya 24 cabor yang siap bertanding. Sejumlah fasilitas olahraga juga mendukung. Meski ada beberapa venue perlu pembenahan,” kata Agus Damalante.

KEUNTUNGAN EKONOMI

Sebagai pengusaha, Agus Damalante juga memberi pendapat terkait keuntungan secara ekonomi, ketika tuan rumah Porprov se Sulteng 2022, resmi di Kabupaten Banggai.

Menurut Agus Damalante, Porprov se Sulteng, dapat memberikan nilai ekonomi bagi para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah ().

Itu karena pusat destinasi wisata dalam kota Luwuk seperti kawasan ruang terbuka hijau (RTH) Lalong, serta wisata pemandian Kilo 5. Kata Agus akan menjadi tujuan para rombongan dari 12 kabupaten/kota.

Baca Juga:  Nama Beniyanto Menguat Calon Ketua Askab PSSI Banggai

Baca juga: Bupati Amirudin Bayarkan 4 Bulan Sekaligus TPP ASN Banggai

“Putaran ekonomi akan berputar secara kencang di daerah ini,” kata Agus Damalante.

Apalagi pada saat Porprov nanti, melalui dinas terkait membuka sejumlah stand pameran OPD dan kelompok UMKM. Mereka nantinya akan menjual kerajinan tangan, makanan khas, kain dan baju batik khas Kabupaten Banggai. Dan lokasinya tak lain adalah RTH Lalong.

Hal ini tentu saja akan memberikan pemasukan ekonomi, baik bagi daerah, para pelaku UMKM maupun masyarakat Kabupaten Banggai.

“Ini yang menjadi alasan saya sehingga mengapresiasi statemen pak Bupati Banggai yang siap menjadi tuan rumah Porprov, ketika KONI Sulteng memberi legitimasi itu. Dan kami siap mensukseskannya,” pungkas Agus. *

  • Bagikan