286 Kali Dibaca

Sosialisasi Satu Data, Bupati: Data Sektoral Penting Untuk Pembangunan

  • Bagikan
Satu Data
Bupati Banggai Ir. Amirudin saat membuka Sosialisasi Satu Data Lingkup Kabupaten Banggai, Selasa (23/11). (Foto: Bagian Prokopim)

LUWUK— Pemerintah mulai mengimplementasikan Peraturan Presiden (Perpres) 30 Tahun 2019 dengan mengawalinya dengan Sosialisasi Satu .

Ir. secara resmi membuka kegiatan yang berlangsung pada Hotel Swiss Bellin Luwuk, Selasa (23/11).

Dalam sambutan menyampaikan pentingnya data statistik sektoral dalam suatu pembangunan.

“Bekerja berdasarkan data itu perlu. Karena data akan menjadi dasar dan bahan pertimbangan dalam mengambil suatu keputusan atau kebijakan,” ucap Bupati.

Sehingga dengan kebijakan terkait Indonesia kata Bupati, menuntut adanya forum satu data Indonesia, baik tingkat pusat, provinsi serta daerah.

Kepada terkait, Bupati memerintahkan agar segera membentuk Forum Satu Data.

Baca Juga:  Validasi Data DTKS, Dinsos Banggai Libatkan Pejuang Muda

“Ini akan menjadi wadah komunikasi dan koordinasi daerah penyelenggaraan Satu Data Indonesia,” pintanya.

Baca juga: Bupati Amirudin Bayarkan 4 Bulan Sekaligus TPP ASN Banggai

Dengan terbentuknya forum ini kata Bupati, Kabupaten dapat mewujudkan basis data yang akurat, terpusat, dan terintegrasi.

Sehingga tidak ada dara yang tidak valid keluar dari OPD, tentunya dengan melalukan evaluasi atau data yang masuk.

Berangkat dari hal tersebut, sosialisasi ini kata Bupati menjadi sangat penting dalam rangka meningkatkan pemahaman bagi unsur pejabat teknis yang mengelola data dan informasi di lingkungan Pemkab Banggai.

Kesuksesan implementasi Satu Data lanjut Bupati, dapat terwujud jika ada kerjasama yang solid antara OPD sebagai produsen data dan Dinas Komunikasi dan Informatika sebagai wali data untuk menyamakan persepsi, sehingga akan menghasilkan yang akurat dan akuntabel.

Baca Juga:  Bupati Banggai H. Amirudin Kukuhkan 45 Anggota Paskibraka

Hadir pada kegiatan ini Staf Ahli Menteri PPN/Bappenas Bidang Pemerataan dan Kewilayahan selaku Koordinator Satu Data Indonesia tingkat pusat, DR. Enh Imam Mahdi dan MT selaku Kepala Deputi Bidang Metodologi dan Informasi Statistik BPS.

Selain itu, Drs. Oktorialdi, MA., Ph.D, Toni Dwi Susanto, Ph.D selaku Peneliti e-Government ITS, Kepala Dinas Kominfo Sulteng, Forkopimda, Sekretaris Kabupaten Banggai, Kepala BPS Banggai, dan para kepala OPD. *

(Bagian Prokopim/Marwin)

  • Bagikan
error: Content is protected !!