Tahun 2023, Tiga Kecamatan di Banggai akan Mekar

oleh -450 Kali Dibaca
Ketua Komisi 1 DPRD Banggai Irwanto Kulap (Foto: Sofyan Labolo)

Reporter Sofyan Labolo

Luwuk Times — Tahun 2023 ada tiga kecamatan di Kabupaten Banggai yang akan mekar.

Pemekaran itu berada pada daerah pemilihan (dapil) II, Yakni Kecamatan Nuhon dan Kecamatan Bunta dan dapil IV Kecamatan Toili.

Informasi ini disampaikan Ketua Komisi 1 DPRD Banggai, Irwanto Kulap kepada sejumlah wartawan, bertempat kantin aspirasi DPRD Banggai, Kamis (17/11/2022).

Scrool Baca Artikel

Irwanto mengatakan, kebijakan Bupati Banggai H. Amirudin Tamoreka dalam mendorong pemekaran kecamatan dan desa patut mendapat respon positif.

Baca Juga:  Bupati Banggai Amirudin Undang Seluruh Pimpinan OPD dan Tiga Camat

Pasalnya saat moratorium yang merupakan kebijakan pemerintah pusat, Bupati Amirudin mampu menembusnya. Tentu dengan mematuhi ketentuan yang ada.

“Ini tidak lepas dari lobi lobi pak Bupati pada Kementerian, sehingga tahun depan ada desa dan kecamatan yang mekar,” kata Irwanto.

Karena tujuan pemekaran itu sendiri, selain pendekatan pelayanan, dapat membuka lapangan kerja seluas luasnya dan tentu saja peningkatan ekonomi.

Daerah Pemekaran

Lantas apa saja daerah yang akan mekar?

Baca Juga:  Polres Banggai “Cuci Gudang”, Ini Daftar Mutasinya

Sekretaris Fraksi Partai Golkar DPRD Banggai ini mengurai.

Pertama, pemekaran kecamatan yang berada pada dataran Toili. Wilayahnya bernama Kecamatan Toili Jaya.

“Kecamatan Toili Jaya itu bersyarat. Baik jumlah desa, luas wilayah maupun jumlah penduduk. Tapi informasi jelas hubungi pak Helton Abd. Hamid. Karena itu merupakan dapil nya (dapil IV),” saran Irwanto.