Tahun Kedua di Era Pandemi Warga Bungin Gelar Takbiran

oleh -329 Kali Dibaca
Pawai obor takbiran menyambut Idul Fitri 1442 H di Bungin berjalan tertib. (Foto: Sofyan/Luwuk Times)

LUWUK, Luwuk Times.ID— Antusias warga Kelurahan Bungin Kecamatan Luwuk Kabupaten Banggai dalam menyambut Idul Fitri 1442 H cukup besar. Itu ditandai dengan dilaksanakannya pawai obor takbiran, Rabu (12/05/2021) tadi malam. Ini merupakan tahun kedua dalam menyambut hari kemenangan di era pandemi.

Pawai takbiran yang diikuti sekitar 50-an anggota remaja masjid (risma) didampingi tamir masjid itu, mengambil garis star di depan Masjid Al-Ilham Bungin. Peserta dilepas pengurus PHBI Kelurahan Bungin Rinto Alimun.

Rutenya pun sama dengan tahun lalu. Peserta melintasi lorong panjang yang ada di kelurahaan tersebut. Yang selanjutnya masuk ke areal jalan raya dengan menggunakan setengah badan jalan.

Memang ruas jalan Imam Bonjol, sempat mengalami macet. Namun karena kesigapan sejumlah anggota Satlantas Polres Banggai dalam mengatur arus lalulintas, sehingga kemacetan terjadi hanya dalam waktu relatif singkat.

Setelah menempuh jarak sekitar 1 km lebih, peserta tiba kembali di masjid Al-Ilham sebagai tempat finish.

“Iya, ini tahun kedua di era pandemi, warga Bungin menggelar pawai obor takbiran,” kata Lurah Bungin, Muhtar Kantu.

Jarak tempuhnya sama dengan Idul Fitri tahun lalu. Yang beda adalah jumlah peserta.

“Pesertanya dibatasi. Tahun lalu terlibat juga majelis taklim. Tapi tahun ini hanya dari kalangan risma. Dulu jumlahnya hampir 300 peserta. Tahun ini hanya 50-an anggota risma,” kata Muhtar Kantu.

Pawai takbiran menggunakan obor, sudah menjadi ciri khas warga Bungin. Selama era pandemi, dimana tidak diperbolehkan menggelar pawai takbiran, tapi warga Bungin tetap konsisten dengan agenda religi setiap tahun tersebut. *

(yan)

No More Posts Available.

No more pages to load.