Tanpa Porkab, Prestasi Kabupaten Banggai di Porprov Terjun Bebas

oleh -325 Kali Dibaca
Prosesi pembukaan Porkab Banggai di lapangan Bumi Mutiara Luwuk, beberapa waktu lalu. (Foto: Sofyan)

LUWUK, Luwuktimes.id – Penjelasan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kabupaten Banggai, Shofyan Lalusu bahwa pelaksanaan pekan olahraga kabupaten (Porkab) ke IV tergantung covid-19, memantik reaksi pengurus cabang (pengcab) dan atlet. Mereka pesimistis, ajang seleksi pekan olahraga provinsi (Porprov) se Sulteng itu dapat dilaksanakan tahun 2021.

Perwakilan Pengcab Asosiasi Futsal Kabupaten (Afkab) Kabupaten Banggai kepada Luwuktimes.id yang ditemui di kantor DPRD Banggai belum lama ini mengatakan, menyimak penjelasan Kadispora Kabupaten, maka kami sudah dapat menarik kesimpulan bahwa Porkab Banggai tidak dapat dilaksanakan.

“Kami pesimistis Porkab dapat dilaksanakan tahun depan,” kata pengurus futsal yang meminta tak disebutkan identitasnya itu.

Sampai saat ini belum ada pihak, termasuk dari kalangan medis memberi jaminan covid-19 segera berakhir. Nah, jika dikaitkan dengan penjelasan Kadispora Banggai bahwa pelaksanaan Porkab tergantung pada covid-19, maka jawabannya sudah dapat ditebak.

Hal lain yang turut memperkuat rasa pesimitis dia, yakni ketika benar virus corona itu berlalu lantas Porkab dilaksanakan bulan November tahun depan, maka tidak ada jaminan APBD-Perubahan tahun anggaran 2021 mampu menopang anggaran Porkab.

Baca juga: Aduh, Nasib Porkab Tergantung Covid-19, Begini Penjelasan Kadispora

“Saya tak yakin di ABT mampu mengalokasikan dana Porkab sebesar Rp1 atau Rp2 miliar,” ucap dia.

Ketidak yakinan Porkab dilaksanakan tahun 2021 juga disampaikan salah seorang atlet billiard. “Saya pun tidak yakin Porkab dapat dilaksanakan,” kata dia.

Selain sudah menjadi tuntutan setiap daerah bahwa Porkab harus dilaksanakan juga Porkab merupakan ajang seleksi menuju Porprov yang akan dihelat tahun 2022.

Pengalaman selama ini, Porkab sangat efektif dalam mendongkrak prestasi olahraga Kabupaten Banggai di ajang regional.

Lewat seleksi Porkab, dalam kurun waktu terakhir Kabupaten Banggai sukses memperbaiki peringkat. Apabila Porkab ke IV tahun 2021 benar-benar tidak dapat dilaksanakan, maka siap-siap prestasi Porprov tahun 2022 di Kabupaten Buol akan terjun bebas. *

PRESTASI KABUPATEN BANGGAI DI PORPROV SE SULTENG

Peringkat ke 8 Porprov di Kabupaten Tolitoli 2010

Peringkat ke 5 Porprov di Kabupaten Poso 2014

Peringkat ke 3 Porprov di Kabupaten Parigi Moutong 2019

(yan)