Sulteng

Baznas Sulteng Bikin Pelatihan Relawan Tanggap Bencana di Palu

290
×

Baznas Sulteng Bikin Pelatihan Relawan Tanggap Bencana di Palu

Sebarkan artikel ini
Editor: Sofyan Labolo Sumber Berita
Baznas Provinsi Sulteng menggelar pelatihan manajemen bencana tingkat dasar, bertempat di Asrama Haji Jl W.R. Supratman, Kota Palu, Rabu-Kamis (27-28/12/2023). (Foto: Biro Adpim Setda Provinsi Sulteng)

Luwuk Times, Palu — Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) menggelar pelatihan manajemen bencana tingkat dasar di Kota Palu.

Kegiatan yang digelar selama dua hari, yakni Rabu-Kamis (27-28/12/2023) itu berlangsung di Asrama Haji Jl W.R. Supratman, Kota Palu.

Pelatihan relawan itu menghadirkan pemateri dari Baznas Pusat serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Para peserta pelatihan diikuti 25 orang. Mereka berasal dari relawan utusan daerah kabupaten/kota se-Sulawesi Tengah. Diantaranya Kota Palu, Kabupaten Sigi, Donggala, Parigi Moutong dan Tolitoli

Baca:  Wakili Bupati Banggai, Kaban Kesbangpol Ikut Rakornas IKN di Samarinda

Ketua Baznas Sulawesi Tengah Dahlia Suaib mengatakan, Baznaz tanggap bencana merupakan salah satu dari program Baznas yaitu Sulteng peduli. Didalamnya terkait tugas untuk menghadapi masalah-masalah kemiskinan baru yang ditimbulkan karena adanya bencana.

Selanjutnya kata dia, pelatihan itu juga untuk mengetahui dan mendapatkan pengetahuan yang berkaitan dengan manajemen penanganan bencana.

Sementara itu Wakil Gubernur Sulteng, H. Ma’mun Amir mengatakan, pelatihan manajemen bencana, selain bermanfaat bagi para relawan kegiatan itu dinilai penting untuk mengedukasi serta mewujudkan para relawan Baznas yang tangguh menghadapi bencana.

Baca:  387 Personil Polda Sulteng Naik Pangkat

Wagub pun berharap kabupaten/kota se Sulteng dapat mempersiapkan para relawan yang sudah dilatih. Dan seyogyanya pelatihan seperti ini diberikan kepada generasi muda, sehingga melahirkan generasi yang tanggap, tangguh dan tangkas.

“Relawan inilah yang perlu dipersiapkan untuk bisa membantu kabupaten lain jika terjadi bencana. Karena penanganan masalah bencana tidak boleh terlambat,” ujar Wagub Sulteng. *

Biro Adpim Setda Provinsi Sulteng

error: Content is protected !!