Nasional

Debat Pertama Capres Berjalan Menarik, Begini Pesan Ketua KPU RI

177
×

Debat Pertama Capres Berjalan Menarik, Begini Pesan Ketua KPU RI

Sebarkan artikel ini
Editor: Sofyan Labolo
Debat pertama Calon Presiden (Capres) berjalan menarik, Selasa (12/12/2023).

Luwuk Times, Jakarta— Debat pertama Calon Presiden (Capres) berjalan menarik, Selasa (12/12/2023). Sebagai pelaksana, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI terbilang sukses.

Selain Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari sejumlah pihak hadir pada debat pertama Capres yang berlangsung di Halaman Gedung KPU RI itu.

Mereka diantaranya, anggota KPU August Mellaz, Betty Epsilon Idroos, Mochammad Afifuddin, Idham Holik, Parsadaan Harahap, Yulianto Sudrajat bersama Sekretaris Jenderal KPU Bernad Dermawan Sutrisno.

Dikutip dari laman resmi KPU RI, Hasyim dalam sambutannya berpesan kepada dua pihak. Pertama kepada calon presiden untuk menggunakan kesempatan debat guna menyampaikan visi, misi dan programnya kepada masyarakat.

“Yang dapat meyakinkan pemilih untuk memilih dirinya menjadi presiden 5 tahun mendatang,” ujar Hasyim.

Dan kedua kepada pemilih, agar masyarakat menyimak dengan baik visi, misi dan program para calon presiden yang dijadikan bahan kampanye pada debat ini.

Selebihnya Hasyim mewakili KPU mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak sehingga terlaksana debat pertama yang baik.

Baca:  Rapat Media Siber, Rapimnas SMSI 2023 Dipersiapkan

Termasuk permohonan maaf apabila ada terdapat hal-hal yang kurang berkenan selama pelaksanaan debat malam.

Baca: Anies Baswedan: Penanganan Korupsi di Indonesia Butuh Keterlibatan Partisipasi Masyarakat

“Kami juga ucapkan terima kasih kepada bapak/ibu tim panelis yang bersedia membantu KPU merumuskan bahan debat pada malam hari ini demikian juga stasiun televisi yang menyiarkan debat pertama pada malam hari ini,” ucap Hasyim.

Debat Berjalan Menarik

Sementara itu debat yang berlangsung selama 120 menit berjalan menarik. Debat diawali dengan penyampaian visi, misi dan program dari masing-masing calon presiden, dimulai dari calon presiden nomor urut 1, 2 dan 3.

Selanjutnya tiap calon presiden menjawab pertanyaan berdasarkan tema yang telah diperoleh dari hasil pengundian yang dilakukan oleh panelis.

Tema yang dijawab mulai dari HAM, Pemerintahan dan Peningkatan Pelayanan Publik serta Penanganan Disintegrasi dan Kerukunan Warga.

Baca:  9 Februari 2023, KPU RI Putuskan Penataan Dapil

Usai menjawab, dua calon presiden lainnya menanggapi jawaban yang disampaikan. Sesi ini dimulai oleh calon presiden nomor urut 2, dilanjutkan 3 dan 1.

Debat kemudian menjadi semakin menarik ketika ketiga calon presiden diberikan oleh moderator kebebasan untuk menyampaikan pertanyaannya kepada calon presiden lainnya.

Pada segmen ini, sesi pertama calon presiden nomor urut 1 diberikan kesempatan bertanya kepada calon presiden nomor urut 2, selanjutnya calon presiden nomor urut 2 bertanya kepada calon presiden nomor urut 3, dan calon presiden nomor urut 3 bertanya kepada calon presiden nomor urut 1.

Sementara pada sesi kedua, calon presiden nomor urut 2 diberikan kesempatan bertanya kepada calon presiden nomor urut 1, selanjutnya calon presiden nomor urut 3 bertanya kepada calon presiden nomor urut 2, dan calon presiden nomor urut 1 bertanya kepada calon presiden nomor urut 3. *

(humas kpu dianR/foto: dosen-deny-idan/ed diR)

error: Content is protected !!