Iklan

Parpol

Dibanding 2019, PKS Banggai Lebih Percaya Diri Hadapi Pemilu 2024

652
×

Dibanding 2019, PKS Banggai Lebih Percaya Diri Hadapi Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini
Penulis: Sofyan LaboloSumber Berita
Ketua MPD PKS Kabupaten Banggai, Iswan Kurnia Hasan. (Foto: Sofyan Labolo)

Luwuk Times — Dibanding 2019, DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Banggai lebih percaya diri dalam menghadapi pemilu 2024.

Ada beberapa hitungan politik, sehingga partai pemilik 3 kursi di parlemen lalong ini lebih optimis menghadapi pesta demokrasi tahun depan tersebut.

Advertisement
Scroll to continue with content

Ketua MPD PKS Banggai, Iswan Kurnia Hasan kepada Luwuk Times berujar, pada pemilu 2019 lalu khususnya di dapil 1 Banggai, 5 sampai dengan 6 caleg berasal dari kader PKS. Sehingga basis pemilih saling beririsian.

“Karena sama-sama kader, sehingga basis pemilihnya saling beririsan,” kata Iswan.

Bahkan termasuk dirinya dengan Samiun L. Agi juga punya basis pemilih yang nyaris sama.

“Saya dengan pak Samiun juga saling beririsan suara,” ucap Iswan.

Berbeda dengan komposisi caleg PKS di dapil 1 Banggai pada pemilu 2024, yang didominasi bukan dari kader lagi, akan tetapi dari kalangan simpatisan PKS.

Baca:  DPD PKS Bangun Masjid ke 33 di Kabupaten Banggai

Iswan optimis sokongan dukungan pemilih lebih luas. Sehingga tidak terkosentrasi pada basis yang sama.

Ujung Jas Anies Baswedan

Indikator lainnya sambung calon pengganti antar waktu (PAW) Samiun L Agi ini, adanya imbas ujung jas dari bakal calon Presiden Anies Baswedan.

“Pemilih ideologis sampai dengan 15 persen akan melihat itu. Dan suara partai bertambah. Efek Anies sekarang sudah berasa dengan survei internal PKS,” kata bakal caleg PKS nomor urut I di dapil 1 Banggai ini.

Kan bukan hanya PKS yang akan mengusung Anies sebagai capres pada pilpres 2024, tapi masih ada beberapa parpol lainnya?

Pertanyaan itu dijawab Iswan Kurnia Hasan.

Pada pilpres lalu, PKS mengusung capres Prabowo Subiyanto. Yang mendapat imbas positif politik adalah Partai Gerindra. Itu lantaran Gerindra identik dengan Prabowo sebagai Ketua Umumnya.

Baca:  Sosialisasi Dapil Banggai, Julius Tipa Cari Alwin Palalo

Berbeda dengan Anies yang berasal dari nonpartisan. Iswan yakin dukungan itu akan terbagi. Apalagi ada caleg DPR RI PKS yang menjabat sebagai Ketua Jaringan Anies Sulteng.

Yang pasti tekan Iswan lagi, PKS dapil 1 Banggai lebih optimis hadapi pemilu 2024 di dapil 1 dibanding 2019. Selain komposisi bakal caleg yang potensial juga pemilih rasional terkosentrasi di dapil 1 Banggai.

Pada pemilu 2019, PKS dapil yang meliputi Kecamatan Luwuk, Luwuk Utara, Luwuk Selatan, Luwuk Timur dan Nambo meraih 4.633 suara.

Dari 10 caleg saat itu, hanya ada 2 vote gater. Selain Samiun Agi (2.151 suara) juga Iswan Kurnia Hasan (1.408 suara.

Sementara 8 caleg lainnya hanya mampu memberi kontribusi di bawah 300 suara. Perolehan suara 8 caleg itu dibawah dari jumlah pemilih yang mencoblos logo PKS sebanyak 308 suara. *

error: Content is protected !!