Info JOB Tomori

Gandeng Human Initiative Gelar ToF, JOB Tomori Diapresiasi BPBD Banggai

658
×

Gandeng Human Initiative Gelar ToF, JOB Tomori Diapresiasi BPBD Banggai

Sebarkan artikel ini
Penulis: Sofyan Labolo
Gandeng Human Initiative, JOB Tomori menggelar Training of Facilitator, bertempat Hotel Santika Luwuk. (Foto-Foto JOB Tomori untuk Luwuk Times)

Luwuk Times, Banggai— Satu lagi gebrakan yang dilakukan JOB Pertamina-Medco E&P Tomori Sulawesi (JOB Tomori) buat Kabupaten Banggai.

Dalam rangka meningkatkan kesiap siagaan dan kemampuan mandiri untuk menghadapi kemungkinan terjadinya bencana khususnya diwilayah Kabupaten Banggai, perusahaan ini menggelar Training of Facilitator (ToF) bagi personil Fasilitator Desa Tangguh Bencana (Destana).

Untuk memaksimalkan kegiatan ToF, JOB Tomori menggandeng Human Initiative yang merupakan lembaga bersertifikasi BNPB.

Rilis yang diterima Luwuk Times, Selasa (31/10/2023), pelaksanaan ToF itu dimulai pada Sabtu (28/10/2023) sampai Rabu (1/11/2023), bertempat hotel Santika Luwuk.

Mengacu dari modul Destana tahun 2023, kegiatan itu diikuti 7 orang peserta.

Mereka terdiri dari 2 orang dari Fadilitator Desa (Sinorang dan Paisubololi), 2 dari Fasilitator ComDev JOB Tomori, 3 wakil dari Fasilitator lokal Human Initiative (HI).

Bahkan termasuk menghadirkan trainer specialist kebencanaan dari UPN Yogyakarta.

Baca:  Selama Memimpin PRSI Banggai, Ini Daftar Kontribusi Mustar Labolo

Dapat Apresiasi

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banggai, Mujiono, memberikan apresiasi atas inisiasi JOB Tomori, yang telah menggelar pelatihan.

Bagi BPBD Banggai, pelatihan ini sangat penting bagi personil Fasilitator Destana.

“Terimakasih kami sampaikan kepada JOB Tomori yang telah menunjukan komitmen yang tinggi terhadap penanggulangan bencana di Kabupaten Banggai,” kata Mujiono.

“Karena sebelumnya, telah menggelar pelatihan penanggulangan bencana dengan melibatkan masyarakat, pemerintah dan pihak perusahaan. Dan kali ini kembali menggelar pelatihan bagi Fasilitator Destana,” tambah Mujiono.

Saat ini sambung dia, dari 291 desa di Kabupaten Banggai, baru 7 desa berstatus Desa Siaga Bencana.

Gandeng Human Initiative, JOB Tomori menggelar Training of Facilitator, bertempat Hotel Santika Luwuk. (Foto-Foto JOB Tomori untuk Luwuk Times)

Sehingga melalui program JOB Tomori untuk pembentukan Destana Desa Paisubololi Kecamatan Batui Selatan, dimana sebelumnya telah membentuk Destana Desa Sinorang.

Kedepan lanjut Mujiono, bisa menjadi inovasi perusahaan dalam program penanggulangan kebencanaan tingkat nasional.

Baca:  Dibuka Ketua PSSI Amirudin, JOB Tomori Sponsor Utama Semi Open Turnamen Sepak Bola Bupati Cup 2023

Dengan demikian pertegas Mujiono, BPBD Banggai akan mengusulkan Kecamatan Batui Selatan sebagai perwakilan Kabupaten Banggai pada program Kecamatan Siaga Bencana yang akan luncurkan Departemen Dalam Negri (Depdagri).

Ada sejumlah materi yang disampaikan pada training yang berlangsung selama empat hari tersebut.

Yakni materi pengkajian risiko bencana dan penyusunan rencana evakuasi yang dibahas dengan metode brainstorming, Focus Group Discussion (FGD), serta diskusi kelompok yang diikuti seluruh peserta.

Dengan tujuan agar lebih meningkatkan kemampuan dan keterampilan fasilitator program Destana JOB Tomori dalam pengembangan Destana di Desa Sinorang dan Desa Paisubololi.

Sementara itu, Relation Security And Comdev Manager JOB Tomori, Visnu C. Bhawono berharap agar seluruh peserta training dapat mengikuti kegiatan tersebut dengan sebaik mungkin.

Sehingga kedepan dapat membagi ilmu yang diperoleh kepada masyarakat luas, sebagaimana yang diharapkan JOB Tomori. *

error: Content is protected !!