DPRD Banggai

Ketua DPRD Banggai Suprapto Reses, Ini Aspirasi Warga Toili

787
×

Ketua DPRD Banggai Suprapto Reses, Ini Aspirasi Warga Toili

Sebarkan artikel ini
Ketua DPRD Banggai Suprapto N, S.Sos. (Foto: dokumen pribadi)

Luwuk Times — Tak hanya para legislator lalong yang turun reses. Ketua DPRD Banggai Suprapto juga turun ke daerah pemilihan (dapil) dalam menyahuti aspirasi warga pada reses penetapan APBD tahun anggaran 2024 itu.

Suprapto yang juga Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Banggai ini menggelar reses di desa Tirtasari Kecamatan Toili Kabupaten Banggai, Selasa (31/01/2023).

Seperti para wakil rakyat lainnya, reses Suprapto dihadiri puluhan warga dari berbagai desa. Selain Tirtasari juga Tirtajaya, Tirtakencana dan warga dari desa Mulyasari.

Beragam aspirasi yang warga sampaikan kepada Suprapto. Mulai dari luapan air yang menggenangi areal pemukiman, jalan raya, hingga areal persawahan dan perkebunan ketika musim penghujan.

Kemudian belum berfungsinya jalan usaha tani secara optimal sehingga menyulitkan para petani membawa hasil panen.

Agenda reses Ketua DPRD Banggai di Kecamatan Toili Kabupaten Banggai).

Bahkan warga menyampaikan uneg uneg seringnya terjadi kasus bencana kebakaran rumah, yang tak bisa segera diantisipasi karena tak adanya pemadam kebakaran.

Baca:  Pemkab Banggai Hadiri Monev Implementasi Inpres Nomor 2 Tahun 2021 di Kejati Sulteng Palu

Sebagai wakil rakyat asal daerah pemilihan (dapil) IV, Suprapto merespon apa yang menjadi aspirasi serta keluh kesah warga.

Ia pun berjanji akan memperjuangkan semaksimal mungkin apa yang menjadi aspirasi sekaligus mencarikan solusinya.

Soal banjir misalnya. Suprapto mengatakan akan mendorong hal itu menjadi isu kecamatan. Mengingat ada beberapa desa yang terdampak banjir.

“Perlu ada perencanaan sampai pada tahap penganggaran. Untuk pembangunan kanalisasi dan sistem drainase lintas desa,” kata Suprapto.

Agenda reses Ketua DPRD Banggai di Kecamatan Toili Kabupaten Banggai).

Tentang genangan air pada ruas jalan juga tak luput mendapat jawaban Suprapto.

Baca:  DPRD Banggai Usul Bangun Empat TPI, Lewat Pokir Sedot 10 Miliar

“Kami akan mendorong OPD terkait membangun sistem drainase dan saluran pembuangan,” ucapnya.

Begitu pula dengan jalan usaha tani yang belum dioptimalkan para petani, Suprapto akan meminta kepada Dinas TPHP untuk membangun jalan usaha tani sesuai prioritas kelompok.

Mengenai seringnya terjadi bencana kebakaran wilayah Toili, namun tak ada fasilitas pemadam kebakaran yang memadai juga mendapatkan jawaban mantan Kepala Desa (Kades) dua periode ini.

“Ini masalah serius. Kita akan meminta Pemda agar segera mengadakan mobil damkar pada wilayah Kecamatan Toili,” kata peraih 3.027 suara pada pemilu legislatif 2019 ini. *

Sofyan Labolo

error: Content is protected !!