Tojo Unauna

KPU Touna Rampungkan Sejumlah Tahapan Pemilu 2024

430
×

KPU Touna Rampungkan Sejumlah Tahapan Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini
Ketua KPU Kabupaten Touna Dirwansyah Putra S.I.Kom

Luwuk Times — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tojo Unauna (Touna) telah melaksanakan sejumlah tahapan pemilu 2024. Mulai dari uji publik daerah pemilihan (dapil) terkait kursi, khususnya DPRD Touna. Dan hasilnya telah diserahkan ke KPU RI untuk ditetapkan.

Hingga melaksanakan rekrutmen panitia pemilihan kecamatan (PPK) dari 12 Kecamtan se- Kabupaten Touna. Lembaga adhok itu sudah dilantik dan sudah mulai bekerja.

Demikian Ketua KPU Touna Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) Dirwansyah Putra S.I.Kom, bertempat ruang kerjanya, Senin (30/1/2023).

“Kami juga telah melaksanakan perekrutan calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) sebanyak 438 orang. Mereka tersebar di 146 desa/kelurahan. Dan mereka juga sudah bekerja,” kata Dirwansyah.

Saat ini kata Dirwansyah, KPU Touna dalam proses perekrutan panitia pendaftaran pemilih (Pantarlih). Yang bertugas melaksanakan pencocokan dan pemutahiran data pemilih untuk Pemilu tahun 2024.

Baca:  Pesan Bupati Banggai Amirudin pada Musrenbang RKPD di Bualemo

Setelah Pantarlih direkrut, maka sambung dia, mereka akan bekerja untuk melakukan pendataan, mencocokkan data, meneliti data pemilih ke rumah-rumah warga. Denan mendasari RT/RW, berdasarkan basis PPS nya. Yang akan diserahkan kepada mereka dan nanti akan dimutahirkan.

Partai Politik yang sudah ditetapkan menjadi peserta pemilu tahun 2024 juga sudah ditetapkan KPU RI.

Tentu saja ini hal yang positi. Sehingga peserta pemilu sudah dapat melaksanakan kerja-kerja politiknya dengan mengedepankan visi-misinya kepada masyarakat. Termasuk pencerahan yang baik, agar tercipta Pemilu yang demokratis.

Sekarang ini lanjut Dirwansyah, pihaknya sedang melaksanakan proses tahapan verifikasi administrasi bakal calon anggota DPD RI.

Baca:  Besok, Masjid Daarussalam FC Jamu Persidago di SSC Luwuk Banggai

“Saya berharap kepada masyarakat Touna agar dapat mengikuti semua tahapan-tahapan KPU. Mulai dari awal. Jangan kita hanya melihat penyelenggaraan Pemilu ini hanya pemungutan suara dan perhitungan suara saja,” pesan Dirwansyah.

Akan tetapi tambahnya, seluruh rangkaian dari awal yang dilaksanakan oleh KPU Touna kepada masyarakat.

Sehingga pada saat nantinya masyarakat menentukan pilihannya bisa mengetahui dan mempunyai pandangan. Ternyata penyelenggaran Pemilu itu memberikan pandangan dan pencerahan.

“Nantinya KPU Touna akan mensosialisasikan kepada masyarakat dengan terus menerus memberikan pandangan terkait Pemilu. Karena masyarakat turut andil dalam proses penyelenggaraan pemilu 2024,” tandasnya. *

Par

error: Content is protected !!