Close ADS

Parpol

PAN Banggai Tak Ingin Buru-buru Daftarkan Caleg di KPU, Ini Alasan Jodi Prakoso

683
×

PAN Banggai Tak Ingin Buru-buru Daftarkan Caleg di KPU, Ini Alasan Jodi Prakoso

Sebarkan artikel ini
Ketua DPD PAN Banggai, Jodi Prakoso Dayanun (kanan) bersama Sekretaris H. Akmal Ilyas.

LUWUK TIMES – Sebagian besar partai telah mempersiapkan calon legislatif (Caleg) yang akan bertarung di Pemilihan Legislatif (Pileg) tahun 2024. Di sisi lain, ada partai yang masih merampungkan.

Partai Gerindra, Golkar, dan NasDem misalnya, telah mengantongi daftar Caleg yang akan meramaikan bursa Pileg tahun 2024.

Begitu juga dengan PKB Banggai yang telah memastikan beberapa nama seperti Michael Tendean dan Bachtiar Pasman yang akan maju di Pileg 2024.

Baca:  Kader Golkar Banggai Ikut Rakordapil dan Bimtek di Palu

Di sisi lain, DPD Partai Amanat Nasional (PAN) sampai saat ini belum menetapkan Caleg yang akan bertarung 2024. Meskipun Senin, 1 Mei 2023 pendaftaran sudah akan dibuka.

Ketua DPD PAN Banggai Jodi Prakoso mengakui, masih akan mematangkan daftar Caleg di Dapil I hingga Dapil IV.

“Belum, kita kira-kira jelang deadline. Masih dirampungkan,” jelas Jodi saat ditemui di Festival Ketupat pada Kamis (27/04/2023).

Baca:  KPU Banggai Gelar Pendidikan Pemilih di Desa Kampangar

Sesuai regulasi, partai politik tak bisa bebas mengganti para Caleg yang telanjur terdaftar. KPU memberikan batasan, sehingga cukup beralasan DPS PAN Banggai cukup selektif.

Ditemui di DPRD Banggai, Sekretaris DPD PAN Banggai H. Akmal juga mengakui, daftar Caleg dari PAN dalam proses perampungan, sehingga pendaftaran tak dilakukan pada pekan awal. *

asn