IKLAN
Parpol

Pemilu 2019 di Banggai, Pemilih yang Mencoblos Logo PDI Perjuangan Terbanyak

946
×

Pemilu 2019 di Banggai, Pemilih yang Mencoblos Logo PDI Perjuangan Terbanyak

Sebarkan artikel ini
Penulis: Sofyan Labolo
Para bakal caleg PDI Perjuangan Kabupaten Banggai di kantor KPU Banggai, beberapa waktu lalu. (Foto: Sofyan Labolo)

LUWUK TIMES — Pada pemilu 2019 lalu, PDI Perjuangan meraih 10 kursi. Hasilnya itu, membuat partai ini memegang palu sidang di DPRD Banggai.

Tidak hanya itu, dibanding partai politik (parpol) lainnya, PDI Perjuangan juga mendominasi jumlah pemilih yang mencoblos logo partai politik (parpol).

Dan fenomena itu terjadi di dua daerah pemilihan (dapil) di Kabupaten Banggai.

Dari catatan Luwuk Times, pada pemilu empat tahun lalu, di dapil 2 Banggai, pemilih yang mencoblos logo banteng moncong putih sebanyak 1.258 suara.

Sementara akumulasi perolehan suara PDI Perjuangan di dapil yang mencakup Kecamatan Pagimana, Lobu, Simpang Raya, Bunta dan Nuhon itu sebanyak 13.542 suara.

Di dapil 10 kursi itu, PDI Perjuangan melahirkan tiga caleg terpilih.

Baca:  Banggai Siap Jadi Pilot Project Penanggulangan Covid-19

Di dapil yang sama, pemilih yang mencoblos logo Partai Golkar sebanyak 1.001 suara. Dari akumulasi perolehan suara 10 caleg Golkar sebanyak 11.983 suara.

Pada pemilu 2019, Partai Golkar menelorkan 2 caleg terpilihnya.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) juga memiliki pemilih militan di dapil 4 Banggai.

Sekalipun hanya mampu melahirkan satu caleg terpilih, namun pemilih yang mencoblos logo parpol cukup signifikan, yakni 1.223 suara.

Jumlah kontribusi suara dari logo parpol juga terlihat di Partai Gerindra. Sebanyak 1.163 suara berasal dari pemilih mencoblos tanda gambar parpol.

Di dapil dataran Toili ini, Gerindra meraih akumulasi 7.615 suara, sehingga melahirkan satu wakilnya di parlemen lalong.

Di dapil 4 Banggai PDI Perjuangan sepertinya tidak terkalahkan.

Baca:  Wartawan Isoman: Terima Kasih Rumah Jurnalis Banggai

Selain sukses mendorong 4 caleg terpilih juga pemilih yang mencoblos logo parpol sangat banyak, yakni 2.546 suara. Suara parpol plus suara caleg, PDIP mengoleksi 24.747 suara.

Suara parpol di atas angka 1000 juga ditorehkan Partai Golkar di dapil yang meliputi Kintom, Batui, Batui Selatan, Moilong, Toili dan Toili Barat.

Pemilih mencoblos logo parpol sebanyak 1.025. Satu satunya caleg terpilih Golkar dari dapil ini adalah Sarifudin Tjatjo.

Meskipun Partai NasDem sukses mengirim dua caleg terpilih di dapil ini yakni Helton Abdul Hamid (5.806 suara) dan Suparno (729 suara), namun pemilih yang mencoblos logo parpol hanya 884 suara.

Akumulasi suara Partai NasDem di dapil 4 Banggai kala itu 9.213 suara. *

error: Content is protected !!