Pilkada 2024

Siapa Penantang Amirudin di Pilkada Banggai 2024?

1405
×

Siapa Penantang Amirudin di Pilkada Banggai 2024?

Sebarkan artikel ini
Amirudin Tamoreka

Luwuk Times– Pada sejumlah kesempatan, Bupati Amirudin menyatakan akan tampil sebagai petahana pada Pilkada Banggai 2024.

Salah satunya saat ia memberikan sambutan lisan pada musyawarah daerah (Musda) Kerukunan Keluarga Sulawesi Tenggara (KKST) Kabupaten Banggai, belum lama ini. (Baca: Bupati Banggai Amirudin Beri Sinyal Maju Dua Periode)

Sejauh ini memang belum ada figur yang secara lantang memproklamirkan diri untuk maju sebagai calon Bupati Banggai.

Kalaupun ada, itu hanya sebatas mencari popularitas semata. Ataupun hanya untuk bargaining position atau posisi tawar.

Luwuk Times punya catatan tentang sederet figur yang ideal masuk dalam bursa calon kepala daerah. Siapa saja mereka?

Sulianti Murad

Sulianti Murad

Dalam beberapa kali kegiatan DPC Partai Gerindra Kabupaten Banggai, wacana Sulianti Murad akan maju sebagai calon Bupati Banggai cukup kencang.

Terakhir pada momentum peringatan HUT Partai Gerindra ke 15, yang berlangsung sederhana di sekretariat DPC Partai Gerindra Kabupaten Banggai.

“Prabowo presiden. Gerindra menang. Ibu Anti bupati (sapaan Sulianti Murad),” demikian petikan Yel-yel dari para kader Gerindra Banggai saat itu. (Baca: Sinyal Sulianti Murad Maju Pilkada Banggai).

Peluang Ketua DPC Partai Gerindra Banggai untuk tampil lagi sebagai calon Bupati pasca tak sukses di pilkada 2020 lalu, cukup terbuka lebar.

Baca:  Ini Profil Singkat Lima Komisioner KPU Banggai Wajah Baru

Terlebih lagi ketika Partai Gerindra sukses merebut 7 kursi sesuai targetnya pada pemilu legislatif 2024 mendatang.

Dan saat ini, Ketua Persatuan Wanita Islam (Perwis) dan Ketua Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Kabupaten Banggai tersebut, cukup intens turun lapangan membangun konsolidasi.

Batia Sisilia Hadjar

Batia Sisilia Hadjar

Sosok politisi lainnya yang punya kans masuk dalam bursa calon Bupati Banggai adalah Batia Sisilia Hadjar.

Pilkada Banggai 2015 lalu, Batia Sisilia Hadjar digandeng Ma’mun Amir, sebagai calon Wakil Bupati.

Namun pada perhelatan pesta demokrasi kala itu, pemenangnya adalah Herwin Yatim dan Mustar Labolo.

Meski begitu, Wakil Ketua I DPRD Banggai ini sudah berbekal pengalaman berkompetisi dalam kontestasi ter akbar di daerah.

Lagi pula saat ini Batia Sisilia Hadjar merupakan Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Banggai, yang notabene memiliki nilai lebih dibanding pengurus partai NasDem lainnya.

Ketika Partai NasDem Banggai akan mencalonkan kader murninya, maka Batia Sisilia Hadjar lah yang paling punya kans besar.

Samsulbahri Mang

Samsulbahri Mang

Bila dibanding dengan dua srikandi (Sulianti Murad dan Batia Sisilia Hadjar), peluang Samsulbahri Mang untuk masuk dalam bursa Pilkada Banggai terbilang kecil.

Baca:  Baliho #2024 Stop 2 Periode Berdiri di Bungin Luwuk

Itu karena Obama (Om Bali Mang-sapaannya), bukan lagi pemegang jabatan ketua partai.

Pasca pilkada Banggai 2020, jabatan Ketua DPD Partai Golkar Banggai itu berpindah tangan kepada Beniyanto Tamoreka.

Terlebih lagi, mantan Ketua DPRD Banggai dan Ketua DPD Golkar Banggai 2 periode berturut-turut ini didorong partainya sebagai bakal calon DPRD Sulteng dapil IV.

Terlepas dari semua itu, tapi Bali Mang menjadi salah satu figur yang diinginkan masyarakat menjadi Bupati Banggai kedepan.

Herwin Yatim

Herwin Yatim

Sosok selanjunya yang dinilai punya peluang masuk bursa calon kepala daerah pada pilkada Banggai 2024 yakni Herwin Yatim.

Sekalipun mantan Wakil Bupati Banggai di era kepemimpinan Sofhian Mile serta mantan Bupati Banggai ini disebut-sebut maju sebagai calon DPR RI dapil Sulteng.

Meski gagal menjadi Bupati Banggai 2 periode pada pilkada 2020 lalu, namun para pendukung Herwin Yatim hingga kini masih setia.

Politik itu dinamis. Setiap saat berpotensi berubah. Pilkada Banggai 2024 masih cukup jauh. Sehingga konstelasi politiknya masih ghaib.

Kita tunggu saja momentumnya. Karena diprediksi Pilkada Banggai 2024 bakal lebih kompetitif dibanding Pilkada 2020. Karena bisa saja muncul wajah baru, diluar dari empat politisi tadi. *

Sofyan Labolo