Close ADS

Info PUPR

Tahun 2024, Dinas PUPR Banggai Benahi Tiga Infrastruktur

4111
×

Tahun 2024, Dinas PUPR Banggai Benahi Tiga Infrastruktur

Sebarkan artikel ini
Kepala Bidang Penataan Bangunan dan Infrastruktur Permukiman Dinas PUPR Kabupaten Banggai, Zulkifli Aliu. (Foto: Sofyan Labolo Luwuk Times)

Luwuk Times, Luwuk — Tahun anggaran 2024, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Banggai akan membenahi tiga infrastruktur yang ada di Kota Luwuk.

Ketiga fasilitas itu adalah, gedung layanan perpustakaan daerah, gedung nasional atau genas Luwuk dan areal tribun Mirqan Sport Center Kecamatan Luwuk Selatan.

Kepala Bidang Penataan Bangunan dan Infrastruktur Permukiman Dinas PUPR Kabupaten Banggai, Zulkifli Aliu yang ditemui di ruang kerjanya, Rabu (23/08/2023) menjelaskan per item ketiga infrastruktur yang akan dipercantik tahun depan itu.

Baca:  Pertengahan Triwulan II, Dinas PUPR Banggai Mulai Realisasikan Proyek Infrastruktur

Pertama, gedung layanan perpustakaan daerah. Pembenahan fasilitas yang berada di kawasan Gelora Luwuk ini melalui usulan dana alokasi khusus (DAK) tahun anggaran 2024.

Ia belum menyebut terkait estimasi anggaran yang dibutuhkan. Akan tetapi lebih cenderung menjelaskan tentang fungsi bangunan.

“Fungsi bangunannya, 80 persen pelayanan perpustakaan. Sudah termasuk pengelolanya. Sedang 20 persen, PNS yang ada disitu,” katanya.

Kedua, gedung nasional atau Genas. Pembenahan infrastruktur yang sudah cukup lama tidak difungsikan ini merupakan usulan dari Banggai Creative Hub.

Baca:  Kadis PUPR Banggai Bambang Eka Sutedy Kunker ke Aspeknas Palu Sulteng

Rencananya, bangunan lama akan dibongkar total. Dan akan dibangun 3 lantai. Untuk anggaran diestimasi sebesar Rp15 miliar.

“Nantinya juga akan dijadikan pusat kreatif. Termasuk pengelolaan UMKM,” kata Ica-sapaannya.

Dan infrastruktur ketiga yang akan dibenah di tahun depan adalah areal tribun Mirqan Sport Center Kecamatan Luwuk Selatan.

“Tempatnya nanti akan di cor. Selanjutnya dipasang rumput sintetik. Sudah ada desainnya,” kata Ica. *

(yan)