IKLAN
Sulteng

Wagub Sulteng: Pencegahan Jadi Fokus Penanganan Stunting

368
×

Wagub Sulteng: Pencegahan Jadi Fokus Penanganan Stunting

Sebarkan artikel ini
Editor: Sofyan Labolo
Wagub Sulteng, Ma’mun Amir memberikan sambutan pada puncak Harganas ke 30 tingkat Provinsi Sulteng tahun 2023, di halaman kantor Dinas P2KB, Kamis (10/08/2023). (Foto: Ro Adpim Setdaprov Sulteng)

Luwuk Times, Palu — Wakil Gubernur (Wagub) Sulteng, Drs. H. Ma’mun Amir menegaskan penanganan stunting kini difokuskan pada upaya preventif atau pencegahan.

“Kalau ibu hamil tidak diberi asupan yang bagus, akan didapat anak stunting,” kata Wagub Sulteng pada puncak Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke 30 tingkat Provinsi Sulteng tahun 2023, di halaman kantor Dinas Pengendalian Penduduk dan KB (P2KB), Kamis (10/08/2023).

“Dan pemerintah provinsi akan terus memberi bantuan gizi kepada ibu-ibu hamil dari keluarga kurang mampu,” tambah Wagub Sulteng.

Ia juga mendorong partisipasi dunia usaha untuk bekerjasama mengurangi prevalensi stunting lewat program CSR.

Baca:  Polda Sulteng Sidak Tiga SPBU di Kota Palu

“Karena stunting adalah permasalahan kita semua dan mengatasinya juga harus bersama-sama,” imbuhnya.

Vera Rompas Mastura. (Foto: Ro Adpim Setdaprov Sulteng)

Sementara Ketua TP-PKK Sulteng merangkap Bunda Peduli Stunting, Vera Rompas Mastura menuturkan, Gubernur Rusdy Mastura sangat menyambut baik usulan pelibatan perusahaan untuk bersama-sama menangani stunting.

“Alhamdulillah Pak Gub sudah meresponnya dan akan membuat rekomendasi” ucapnya bersyukur.

Di bagian lain Kepala BKKBN pusat melalui inspektur utama Ari Dwikora Tono mengajak undangan untuk memaknai Harganas dalam pembangunan ketahanan keluarga.

Baca:  Eksploitasi Anak di Bawah Umur di Banggai, Pria Asal Kota Palu Diamankan Polisi

“Pembangunan keluarga adalah pondasi pembangunan bangsa,” ujarnya.

Karena itu momen 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) yang dimulai dari janin hingga anak berusia 2 tahun harus dioptimalkan agar anak terhindar dari stunting.

“Ini kesempatan istimewa untuk membangun tumbuh kembang anak yang solid,” jelasnya.

Rangkaian puncak Harganas tingkat provinsi antara lain diisi dengan pemberian penghargaan kepada orangtua asuh stunting, perlombaan kader bina balita dan kuliner Kaili. Selain itu ada jalan sehat, pasar murah, pemeriksaan kesehatan dan pelayanan KB. *

(Ro Adpim Setdaprov Sulteng)

error: Content is protected !!