IKLAN

Kecamatan

Lebaran Ketupat, Ribuan Warga Banjiri 7 Obyek Wisata di Dataran Toili Banggai

773
×

Lebaran Ketupat, Ribuan Warga Banjiri 7 Obyek Wisata di Dataran Toili Banggai

Sebarkan artikel ini
Salah satu obyek wisata di dataran Toili Kabupaten Banggai yang dikunjungi warga dalam merayakan lebaran ketupat, Sabtu (29/04/2023).

LUWUK TIMES — Lebaran ketupat di wilayah dataran Toili Kabupaten Banggai dibanjiri warga, Sabtu (29/04/2023).

Ada ribuan pengunjung membanjiri 7 obyek wisata di wilayah bagian selatan Luwuk ibukota Kabupaten Banggai tersebut.

Dalam rangka mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, Polsek Toili melaksanakan pengamanan.

Dalam pengamanan tersebut melibatkan personil BKO dari Sat Samapta Polres Banggai dan TNI Koramil Toili yang membantu pengamanan objek wisata di wilayah hukum Polsek Toili.

Kapolsek Toili IPTU Nanang Afrioko, SH, MH mengatakan ada 7 titik lokasi yang diamankan.

Yaitu Wisata Pantai dan Kuliner Desa Pandanwangi, Toili Barat. Jumlah pengunjung sekitar 1.500 orang, jumlah kendaraan roda empat kurang lebih 50 unit dan roda dua 350 unit.

Baca:  Puluhan Tabung Gas Elpiji Diseludupkan ke Morowali Utara

Objek wisata Sawit Ceria Mantawa, Toili Barat. Jumlah pengunjung 100 orang, roda empat sekitar 8 unit dan roda dua berkisar 50 unit. Bendungan Mentawa pengunjung sekitar 1500 orang, roda empat kurang lebih 50 unit dan roda dua 350 unit.

Selanjutnya obyek wisata yang dikunjungi pada lebaran ketupat, Pantai Cemara 1000 Minahaki, Moilong, sekitar 1500 penunjung, dan 100 unit roda empat serta 750 roda dua.

Danau Alam Indah Pesisir Pantai Minahaki, Moilong, pengunjung 300 orang dengan kendaraan roda empat 10 unit dan roda dua 100 unit.

Selain itu Pantai Bahari Tou, Moilong, sekitar 300 pengunjung dengan kendaraan roda empat 20 unit dan roda dua 150 unit.

Baca:  Mobil Pick Up Terbakar di Bunta, Polisi Jelaskan Kronologinya

Dan Pantai Beringin Moilong, jumlah pengunjung 30 orang dan roda empat sekitar 3 unit dan roda dua 10 unit.

“Total ada 5.230 wisatawan memenuhi tujuh lokasi wisata yang ada diwilayah hukum Polsek Toili yakni Kecamatan Toili Barat, Toili dan Moilong,” ujar IPTU Nanang.

Ia menambahkan wisatawan pada lebaran ketupat ini sebagian besar adalah masyarakat lokal dan sebagiannya lagi adalah masyarakat luar kecamatan.

“Dan antusias kali ini cukup besar minat masyarakat, mengintat selama 3 tahun kemarin mobilitas masyarakat masih terbatas karena pandemic Covid 19,” tutup Kapolsek Toili. *

hpb

error: Content is protected !!