Nasional

Bantuan untuk Rakyat Palestina, Baznas RI dan Bulan Sabit Merah Mesir Bangun Kerjasama

288
×

Bantuan untuk Rakyat Palestina, Baznas RI dan Bulan Sabit Merah Mesir Bangun Kerjasama

Sebarkan artikel ini
Editor: Sofyan Labolo
Bantuan untuk rakyat Palestina, Baznas RI dan Bulan Sabit Merah Mesir Membangun kerjasama. (FOTO: OKENESIA.COM/HO-DOK. BASNAS RI)

Luwuk Times, Jakarta— Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Republik Indonesia melakukan kerjasama dengan Egyptian Red Crescent Society (ERCS) atau Bulan Sabit Merah Mesir dalam mempermudah penyaluran bantuan untuk masyarakat Palestina.

ERCS yang didirikan pada tahun 1911 merupakan badan resmi utama yang memiliki tanggung jawab membantu otoritas publik dalam layanan medis darurat, bantuan kemanusiaan dan nilai-nilai kemanusiaan internasional di Mesir.

Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Ketua Baznas RI Prof. Dr. KH. Noor Achmad MA., dengan Direktur Eksekutif ERCS Dr. Ramy El-Nazer, di Mesir baru-baru ini.

“Alhamdulillah ini merupakan salah satu langkah signifikan yang dilakukan Baznas dalam melakukan kolaborasi dengan salah satu lembaga kemanusiaan besar di Mesir, sebagai upaya untuk mempermudah penyaluran bantuan kepada masyarakat Palestina,” ujar Ketua Baznas RI Prof. Dr. KH. Noor Achmad MA, dalam keterangan tertulis, Selasa (28/11/2023).

Baca:  Kesederhanaan Firli Bahuri Berkaos Sambil Menyanyi Lagu Sewu Kuto Diiringi Gitar Sang Putera

Kiai Noor menyebutkan, program ‘Membasuh Luka Palestina’ bertujuan untuk memberikan kebutuhan mendesak masyarakat Palestina, dengan menekankan bantuan medis dan dukungan penghidupan terutama bagi warga Gaza.

“Baznas bangga menjadi mitra ERCS dalam program ‘Membasuh Luka Palestina’. Kolaborasi ini mencerminkan pentingnya kerja sama internasional dalam mengatasi krisis kemanusiaan, khususnya saat ini yang terjadi di Palestina,” ucapnya.

Kiai Noor mengatakan, ERCS dengan keahliannya dalam layanan medis darurat, akan bekerja sama dengan Baznas untuk memastikan bantuan senilai 330.000 Dolar AS (sekitar Rp5 miliar) tersebut sampai kepada masyarakat Palestina.

“Melalui program Membasuh Luka Palestina, kami berharap mampu memberikan bantuan yang signifikan dan membantu memulihkan kehidupan masyarakat Palestina yang terdampak,” tambahnya.

Baca:  Menjaga Integritas Wartawan, Ini Imbauan Dewan Pers Jelang Idul Fitri

Kiai Noor juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh donatur, mulai Baznas daerah, Lembaga Amil Zakat (LAZ), perusahaan, lembaga, dan seluruh elemen masyarakat Indonesia yang telah mempercayakan infak kemanusiaan Palestina melalui Baznas.

“Insya Allah seluruh infak yang terkumpul dan dititipkan melalui Baznas akan disalurkan seluruhnya bagi masyarakat Palestina. Baznas juga memastikan penyaluran bantuan ini secara transparan dan akuntabel,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Eksekutif ERCS Dr. Ramy El-Nazer mengucapkan terima kasih kepada Baznas atas kerja sama yang dilakukan dalam upaya meringankan beban masyarakat Palestina.

Melalui MoU tersebut, Baznas dan ERCS sepakat untuk menjunjung standar tertinggi dalam penyaluran bantuan kemanusiaan, serta berkomitmen untuk mengikuti prinsip-prinsip kemanusiaan internasional. *

(stp)

error: Content is protected !!