Iklan

Banggai

Bappenas RI dan Tim OGI Monitoring Evaluasi Implementasi RAD OGP Local Banggai

442
×

Bappenas RI dan Tim OGI Monitoring Evaluasi Implementasi RAD OGP Local Banggai

Sebarkan artikel ini
Penulis: DKISP Banggai Editor: Sofyan Labolo
Bappenas RI dan Tim OGI monitoring evaluasi implementasi RAD OGP local Banggai. (Foto: DKISP Banggai)

Luwuk Times, Banggai—Mewakili Bupati Banggai, Kepala Bappeda Kabupaten Banggai, Ramli Tongko, S.Sos., ST., M.Si memimpin rapat Monitoring Implementasi Rencana Aksi Daerah (RAD) Open Government Partnership Local (OGP Local) Banggai, pada Jumat (17/11/2023).

OGP Local ini merupakan inisiatif 8 negara yang bertujuan mewujudkan pemerintah negara dan pemerintah lokal atau daerah yang mendukung pemerintahan yang terbuka, pemberdayaan masyarakat, pemberantasan korupsi, dan pemanfaatan teknologi dalam penguatan pemerintahan.

Advertisement
Scroll to continue with content

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional RI (Kementrian PPN/Bappenas) bersama Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Banggai bertempat Ruang Rapat Pahangkabotan Bappeda.

“Kabupaten Banggai yang terpilih sebagai bagian dari OGP Local telah mengumpulkan empat Rencana Aksi Daerah yang telah dikembangkan dari program unggulan yang ada,” ujar Kepala Bappeda Kabupaten Banggai, Ramli Tongko.

Baca:  Musrenbang Tahap II Dimulai dari Kecamatan Bualemo Banggai

Adapun empat renncana aksi tersebut, pertama, pemanfaatan halaman secara partisipatif dan inklusif melalui sistem pertanian terpadu (inovasi program Satu Juta Satu Pekarangan).

Kedua, aplikasi online untuk mencapai standar pelayanan minimal ibu hamil (inovasi Ambulance Dering Ibu Hamil).

Ketiga, satu Data Banggai. Dan keempat pengelolaan sampah berbasis masyarakat – 3R

“Dari ke empat inovasi yang di ikutkan dalam lomba OGP Award Tingkat Asia Pasific Tahun 2022, salah satu program inovasi Banggai yang berhasil mendapatkan penghargaan OGP Accelerator Award yaitu Inovasi Ambulance Dering Ibu Hamil,” tuturnya.

Lanjutnya, capaian ini tentunya hasil usaha bersama saling berkoordinasi dan kolaborasi antara Pemerintah Pusat dan Daerah dalam mendorong implementasi nilai dan praktik keterbukaan pemerintah dalam peningkatan pelayanan publik.

Baca:  Peta Jalan ETPD Tahun 2022-2025, Banggai Menuju Digitalisasi Daerah

Pada kesempatan tersebut, Kepala Bappeda Kabupaten Banggai, Ramli Tongko, memaparkan Implementasi Rencana Aksi Daerah OGP Local Kabupaten Banggai Tahun 2021-2023 yang berisi Komitmen RAN OGP Banggai Tahun 2022-2024.

Fungsional Perencana Madya Sekretariat Isu Strategis Bidang Polhukam Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas.

Rangga Jantan Wargadalam menyampaikan bahwa pada tanggal 22-24 November 2023 Kementrian PPN/Bappenas, Kemendagri, dan UCLG-ASPAC akan mengundang Pemkab Banggai dalam Pelatihan Teknis Mengembangkan Kerja Sama Luar Negeri Bagi Pemerintah Daerah.

Kegiatan Monev ini mencerminkan komitmen Pemerintah Kabupaten Banggai untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik dan membangun tata kelola pemerintahan yang efektif dan akuntabel. *

Kunjungi Luwuk Times di Google News

error: Content is protected !!