Advertisement

Olahraga

Calon Tuan Rumah Porprov ke X se Sulteng 2026, Kabupaten Banggai Siap Ikut Bidding

1075
×

Calon Tuan Rumah Porprov ke X se Sulteng 2026, Kabupaten Banggai Siap Ikut Bidding

Sebarkan artikel ini
Bupati Banggai H. Amirudin. (Foto: DKISP Banggai)

Luwuktimes.id — Kabupaten Morowali bakal mendapat pesaing sebagai calon tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke X se Sulteng tahun 2026.

Rivalnya tak lain adalah Kabupaten Banggai, yang pada Porprov ke IX se Sulteng tahun 2022 lalu sukses menjadi tuan rumah pesta olahraga tingkat regional empat tahunan itu.

Sinyal Kabupaten Banggai akan menjadi peserta bidding calon tuan rumah Porprov ke X se Sulteng tahun 2026 itu cukup kuat.

Itu setelah Luwuk Times mendapat jawaban langsung dari Ketua Umum KONI Kabupaten Banggai H. Amirudin, disela-sela peringatan Hari Pers Nasional dan HUT PWI ke 78, bertempat Bakoel Kopi Lapangan Tembak Kodim 1308 LB, Jumat (9/2/3024).

“Iya, tidak menutup kemungkinan kita ikut bidding. Dan kembali menjadi tuan rumah Porprov tahun 2026,” kata Ketum KONI Banggai.

Baca:  Sengketa Tapal Batas di Banggai Dimediasi Polisi

Porprov ke IX tahun 2022 lalu di Luwuk Kabupaten Banggai, bukan lah hasil bidding.

Karena ketidak siapan Kabupaten Buol, sehingga Kabupaten Banggai yang menghandel sebagai tuan rumah.

“Kalau memungkinkan kita ikut bidding, yah kita ikut bidding. Kalau misalnya dianggap bahwa yang kemarin itu bukan hasil bidding, yah kita bisa ikut bidding lagi,” ucap Bupati Banggai.

PON Air dan Pantai

Tak hanya Porprov X se Sulteng tahun 2026. Kabupaten Banggai juga mendapat tawaran menjadi salah satu kabupaten di Sulteng sebagai penyelenggara PON Air dan Pantai tahun 2024. Dan itu dibenarkan Ketum KONI Banggai Amirudin.

“Kami juga (Kabupaten Banggai) ditawarkan untuk menjadi tuan rumah PON Air dan Pantai,” kata Amirudin.

Provinsi Sulteng ditetapkan sebagai tuan rumah PON Air dan Pantai. Rencananya gawean itu dilaksanakan bulan Juni 2024.

Baca:  Ini Alasan Jadwal Porprov Sulteng IX di Banggai Bergeser

Soal jadwal pelaksanaan PON Air dan Pantai, Ketum KONI Banggai kembali memberi jawaban.

“Kalau memang dilaksanakan di tahun 2024, maka kita akan melakukan pergeseran anggaran. Tapi kalau kita ditunjuk sebagai tuan rumah, maka tahun 2025 kita anggarkan. Karena itu ada delapan cabang olahraga yang dipertandingkan,” ucap Ketum KONI Banggai.

Terkait Kabupaten Banggai menjadi tuan rumah PON Air dan Pantai juga disentil Ketum KONI Sulteng, M. Nizar Rahmatu, saat ia memberikan sambutan usai melantik kepengurusan KONI Banggai periode 2023-2027, di hotel Estrella Luwuk.

“Iya, Banggai menjadi salah satu kabupaten yang dinilai layak menjadi tuan rumah PON Air dan Pantai,” kata Nizar. *