IKLAN
Banggai

Dari Istanbul Turkey, Kuliner Olahan Lokal Kabupaten Banggai Mendunia

433
×

Dari Istanbul Turkey, Kuliner Olahan Lokal Kabupaten Banggai Mendunia

Sebarkan artikel ini
Kepala Dinas Ketapang Banggai, Alfian Djibran saat memberikan sambutan. (Foto: Istimewa)

LUWUK TIMES, Luwuk — Kuliner olahan lokal Kabupaten Banggai saat ini mendunia. Itu setelah Pemerintah Kabupaten Banggai melalui Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) tampil pada pameran pasar senggol, tanggal 9 September 2023. Kegiatan dengan tema Leading Asian Market in Turkey tersebut berlangsung di Istanbul Turkey.

“Alhamdulilah kami berhasil memasarkan produk pangan olahan lokal Kabupaten Banggai di tingkat internasional, dengan misi Banggai Culinary Food Production,” kata Kepala Dinas Ketapan Kabupaten Banggai, Alfian Djibran kepada Luwuk Times, Selasa (12/09/2023) tadi malam.

Pada momentum itu, produk pangan olahan lokal Kabupaten Banggai tidak sekadar terpromosikan. Akan tetapi produknya digemari, sehingga habis terjual.

Baca:  Pemda belum Teken MoU BPJS, Begini Penjelasan Bupati

“Kami berhasil promosikan dan terjual habis. Karena sangat digemari,” kata Alfian.

Kesukesan itu lanjut Alfian, tidak lepas dari arahan serta motivasi yang diberikan Bupati Banggai Amirudin dan wakilnya Furqanuddin. Sehingga misi berlangsung sukses, yang ditandai pula dengan membangun kerjasama BUMN dan pelaku usaha yang ada di Turkey.

Bahkan tambah Alfian, turut difasiltasi oleh Konsulat Jendral RI di Istanbul, yang pada saat pembukaan pameran turut hadir beserta Dubes RI dan perwakian sejumlah negara, mantan Menteri Pendidijan Muhamad Nuh, Staf khusus kementrian BUMN, para pelajar Indonesia, Diaspora termasuk warga Turkey yang hadir.

Baca:  Sri Lalusu: Saya Putri Saluan, Apa yang Tidak untuk Daerah Ini

Alfian juga menginformasikan, satu hal yang tidak kalah menarik pada kegiatan itu.

Alfian Djibran bersama Konsulat Jendral RI Istanbul dan mantan Menteri Pendidikan Muhamad Nuh. (Foto: Istimewa)

Pemkab Banggai diberi kesempatan memberikan sambutan, dengan menggunakan Bahasa Inggris, dengan diselingi Bahasa Indonesia. Dengan disertai pantun, sehingga menarik perhatian sembari mendapat aplaus para peserta.

“Kami juga berkesempatan menyerahkan plakat Pemkab Banggai dan bingkisan kepada Konsulat Ri di Istanbul serta peserta yang lain. Tentu sebagai rasa terima kasih konsulat RI Darianto Harsono dan panitia kepada kita,” kata Alfian.

error: Content is protected !!