Iklan

Pilkada 2024

Empat Kali Pilkada Kabupaten Banggai, PAN belum Pernah Menang

402
×

Empat Kali Pilkada Kabupaten Banggai, PAN belum Pernah Menang

Sebarkan artikel ini
Penulis: Sofyan Labolo

“Insya Allah PAN pecahkan 2 mitos sekaligus. Menang di Pilkada dan sukses mengusung Bupati 2 periode”. (Ketua DPD PAN Kabupaten Banggai Jodi Prakoso Dayanun)

Ketua DPD PAN Banggai, Jodi Prakoso Dayanun, Senin (29/04/2024). (Foto: Sofyan Labolo Luwuk Times)

BANGGAI, Luwuktimes.id — PAN Banggai sering bernasib tak mujur di Pilkada. Selama perhelatan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah di daerah ini, partai berlambang matahari terbit ini tak pernah memetik kemenangan.

Saat menerima pendaftaran bakal calon bupati Banggai, Amirudin, kondisi memilukan itu secara gentle disampaikan Ketua DPD PAN Kabupaten Banggai, Jodi Prakoso Dayanun (JPD), Senin (29/04/2024).

“Selama 4 periode, PAN Banggai belum pernah menang di Pilkada,” ucap JPD.

Meski begitu, politisi perlamen lalong menuju 2 periode ini optimis pengalaman buruk itu tidak akan terulang lagi pada Pilkada Banggai 2024.

Dasar keyakinan anggota DPRD Banggai asal dapil I Banggai ini, lantaran calon Bupati petahana Amirudin menjadi figur tunggal yang akan diusung PAN di Pilkada November 2024.

Baca:  Ini Alasan Sulianti Murad Memilih Tanggal 8 Merapat di PDIP Banggai

“Insya Allah PAN pecahkan 2 mitos sekaligus. Menang di Pilkada dan sukses mengusung Bupati 2 periode,” kata Jodi Prakoso.

Empat Kali Kalah di Pilkada

Selama empat kali Pilkada langsung di Kabupaten Banggai, PAN terus menuai kekalahan.

Pada Pilkada Banggai 2006, PAN mengusung pasangan calon Sri Lalusu dan Amnan Hamzah. Pada Pilkada pertama secara langsung itu dimenangkan pasangan calon Ma’mun Amir-Musdar M. Amin.

Pilkada 2011, PAN kembali kurang beruntung. Pada perhelatan politik itu, pasangan calon yang mendapat amanah rakyat kala itu adalah Sofhian Mile-Herwin Yatim. Dan saat itu PAN mengusung duet Musdar M. Amin-Abdul Haris Hakim.

Baca:  Layak Masuk Bursa Pilkada Banggai, Ini Profil Muhadam Labolo

Selanjutnya di Pilkada 2016, dewi fortuna tak kembali berpihak pada PAN. Saat itu PAN mengusung Ma’mun Amir-Batia Sisilia Hadjar. Sedang pasangan calon yang menang adalah Herwin Yatim-Mustar Labolo.

Terakhir di Pilkada 2021, PAN Banggai menjagokan Sulianti Murad-Zainal Abidin Alihamu. Tapi yang menjadi kampiun adalah Amirudin Tamoreka-Furqanuddin Masulili. *

Baca: Pendaftaran Ditutup, PAN Banggai Dipastikan Usung Amirudin

error: Content is protected !!