IKLAN
Parpol

Empat Legislator Lalong Bersaing di DPRD Sulteng, Berikut Profil Singkat Mereka

1033
×

Empat Legislator Lalong Bersaing di DPRD Sulteng, Berikut Profil Singkat Mereka

Sebarkan artikel ini
Penulis: Sofyan LaboloSumber Berita
Kantor DPRD Banggai yang berada di kawasan Teluk Lalong Luwuk. (Foto: Sofyan Labolo)

Luwuk Times, Luwuk — Ada empat legislator lalong (penyebutan anggota DPRD Banggai) yang akan bersaing sebagai caleg di DPRD Dapil 4 Sulteng pada pemilu 2024.

Keempat wakil rakyat yang berniat naik level itu adalah, Samsulbahri Mang (Golkar), Ibrahim Darise (PAN), Nasir Himran (PKS) dan Samiun L. Agi (Demokrat).

Pada pemilu tahun depan, jatah kursi di dapil yang mencakup Kabupaten Banggai, Banggai Kepulauan dan Banggai Laut itu bertambah. Dari yang sebelumnya 8 kursi menjadi 10 kursi.

Baca:  Suprapto Bantah Isu PAW PDIP, Jika Benar Berdampak 2024

Dengan bertambahnya kuota kursi, sehingga tak hanya kandidat petahana. Tapi new comer atau pendatang baru juga punya kans yang sama untuk terpilih.

Samsulbahri Mang

Samsulbahri Mang

Partai Golkar mendorong Samsulbahri Mang maju sebagai caleg DPRD Sulteng. Peluang mantan Ketua DPRD Banggai dan Ketua DPD Partai Golkar masing-masing 2 periode ini cukup terbuka.

Salah satu indikatornya, tidak majunya Nasser Djibran pada pemilu 2024. Pilihan politik senior beringin ini dinilai tepat.

Karena Nasser sudah 5 periode duduk sebagai wakil rakyat. Sehingga butuh regenerasi.

Baca:  Target 7 Kursi di DPRD, Ini Tantangan Buat Gerindra Banggai

Pada pemilu 2019 lalu, politisi 4 periode ini mengantongi 2.832 suara di dapil 1 Banggai.

Ibrahim Darise

Ibrahim Darise

Tak hanya Samsulbahri Mang yang tercatat terlama duduk di DPRD Banggai. Periodeisasi yang tidak singkat juga dikantongi Ibrahim Darise.

Mantan Ketua DPD PAN Kabupaten Banggai ini sudah 4 periode sebagai wakil rakyat di DPRD Banggai. Sehingga sudah tepat jika PAN melegitimasinya berkompetisi di dapil Banggai bersaudara itu.

error: Content is protected !!