Info JOB Tomori

Gelar Edukasi Media Libatkan Puluhan Wartawan di Banggai, JOB Tomori dapat Apresiasi PWI Pusat

361
×

Gelar Edukasi Media Libatkan Puluhan Wartawan di Banggai, JOB Tomori dapat Apresiasi PWI Pusat

Sebarkan artikel ini
Penulis: Sofyan LaboloSumber Berita
Wakil Ketua Bidang Pendidikan PWI Pusat, I GMB Dwikora Putra dan Relation Security Comdev Manager, Vhisnu C. Bawono. (Foto: Istimewa)

Luwuk Times, Banggai — Giat JOB Tomori kembali mendapat apresiasi. Kali ini reward yang diberikan kepada JOB Tomori yang merupakan perusahaan hulu migas dibawah pengawasan SKK Migas ini, berasal dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat.

Menurut Wakil Ketua Bidang Pendidikan PWI Pusat, I GMB Dwikora Putra, kegiatan edukasi media & media gathering, yang dilaksanakan JOB Tomori dengan menggandeng PWI Banggai, patut mendapat acungan jempol.

“Ini kegiatan bagus. Atas nama PWI Pusat kami ucapkan terima kasih kepada JOB Tomori,” kata I GMB Dwikora Putra, saat memberikan sambutan pada kegiatan edukasi media & media gathering, di Hotel Swissbelin Luwuk, Sabtu (25/11/2023).

I GMB Dwikora Putra saat memberikan sambutan.

Menurut I GMB Dwikora Putra yang juga Ketua PWI Provinsi Bali, edukasi media seperti ini sangat baik dilaksanakan.

Karena lewat hajatan ini, selain dalam rangka penyatuan persepsi tentang dunia jurnalistik sekaligus peningkatan sumber daya manusia (SDM) para wartawan itu sendiri.

I GMB Dwikora Putra kembali mempertegas apresiasinya buat JOB Tomori

“JOB Tomori dan PWI, hubungannya sangat bagus. Kedepan hubungan ini perlu terus dijaga,” ucap I GMB Dwikora Putra.

Pada kesempatan itu, I GMB Dwikora Putra menyentil soal ujian kompetensi wartawan (UKW).

Dewan Pers mengharuskan setiap wartawan memiliki kompetensi. Dan kompetensi itu dilakukan secara berjenjang. Mulai dari status muda (3 tahun), madya (2 tahun) dan utama.

Baca:  Program Tomori Sehat Digeliatkan, Visnu Bhawono: Kami Konsisten Berdayakan Masyarakat

Saran I GMB Dwikora Putra, JOB Tomori kembali membantu PWI Banggai dalam meningkatkan kapasitas wartawan lewat program UKW.

Meski sebelumnya, JOB Tomori sudah memfasilitasi puluhan wartawan dibawah naungan PWI Banggai untuk mengikuti UKW dengan status muda.

Pada kegiatan edukasi media & media gathering yang berlangsung sehari penuh itu, JOB Tomori selain menghadirkan I GMB Dwikora Putra dari PWI Pusat juga melibatkan pemateri lainnya.

Mereka adalah Yulianus Firmansyah Ladung dengan bahan materi tentang Story Telling, Ketua PWI Banggai Iskandar Djiada tentang kode etik jurnalistik, Sutopo Enteding dengan materi dasar penulisan berita serta Gafar Tokalang materi pengumpulan data dalam jurnalistik.

Agenda Rutin

Relation Security Comdev Manager, Vhisnu C. Bawono memberikan sambutan.

Manajemen JOB Pertamina Medco E & P Tomori Sulawesi (JOB Tomori) akan menggelar secara rutin kegiatan edukasi media dan media gathering setiap tahunnya.

Garansi itu disampaikan Relation Security Comdev Manager, Vhisnu C. Bawono saat membuka agenda edukasi media & media gathering, bertempat Hotel Swissbelin Luwuk, Sabtu (25/11/2023).

Kegiatan itu merupakan inisiasi SKK Migas-JOB Tomori bekerja sama dengan PWI Banggai.

Menurut Vhisnu, agenda hari ini agak berbeda dengan pelaksanaan sebelumnya. Kali ini, penggabungan dua acara sekaligus, yakni edukasi dan media gathering.

Baca:  Kampanye Kewaspadaan Transmisi Lokal Covid-19 di Kalangan Wartawan

Edukasi media dilaksanakan sehari penuh dan media gathering dilaksanakan Minggu (26/11/2023). Media gathering dilaksanakan bakti sosial momen peringatan Hari Pahlawan Nasional.

Baksos Hari Pahlawan Nasional itu dengan kegiatan doa bersama dan aksi bersih-bersih Taman Makam Pahlawan.

Usai baksos bersih-bersih TMP, dilanjutkan dengan silaturahmi dan santunan kepada tokoh veteran.

Ia berharap kepada staf JOB Tomori yang menjadi peserta kegiatan itu, untuk mengikuti secara seksama. Sebab, di edukasi media, akan disajikan beragam materi, semisal teknik penulisan dan lainnya.

Vhisnu mengutip ungkapan tokoh jurnalis Graham Greene, “Alasan kecil mengapa para novelis makin menjauhkan diri dari para jurnalis adalah bahwa para novelis berusaha untuk menulis kebenaran dan para jurnalis berusaha menulis fiksi,” kutip Vhisnu.

Para peserta kegiatan edukasi media & media gathering, di Hotel Swissbelin Luwuk, Sabtu (25/11/2023).

Ia juga berharap, dengan edukasi media, maka setiap acara langsung diberitakan dengan benar.

Mereka para karyawan JOB Tomori yang menjadi peserta, terdiri dari perwakilan, security, comdev serta kehumasan.

Bukan hanya teknik menulis, peserta yang terdiri dari internal JOB Tomori, puluhan wartawan dari berbagai media online dan cetak hadir di kegiatan itu. Termasuk fotografi, bagaimana mengambil foto dari sudut pandang. * (yan)

Ikuti terus berita kami di Google News

error: Content is protected !!