Close ADS

Bangkep

Hadirkan Pemateri Kantor Berita Antara, Diskominfo Bangkep Gelar Pelatihan Jurnalis dan Penyiar Radio

555
×

Hadirkan Pemateri Kantor Berita Antara, Diskominfo Bangkep Gelar Pelatihan Jurnalis dan Penyiar Radio

Sebarkan artikel ini
Pj Bupati Bangkep Ihsan Basir memberikan sambutan pada pelatihan jurnalistik dan penyiar radio, yang dilaksanakan Dinas Kominfo Kabupaten Bangkep, Selasa (22/8/2023). (Foto: Dahlan Luwuk Times)

Luwuk Times, Bangkep — Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) menggelar pelatihan jurnalistik dan penyiar radio di lingkup Pemda Bangkep, Selasa (22/8/2023).

Pelatihan di Resto Eden Permai Desa Kautu Kecamatan Tinangkung itu menghadirkan narasumber dari Kantor Berita Antara.

Pj Bupati Bangkep Ihsan Basir mengatakan, pelatihan itu bertujuan untuk menambah wawasan bagi para jurnalis dan penyiar radio, dalam menyebarluaskan informasi ke publik, melalui media jaringan Pemda.

Menurut Ihsan Basir, jurnalis dan penyiar radio Pemda, perlu memahami seluruh metode dalam tahapan pembuatan berita.

Hal itu penting agar setiap produk jurnalistik terkait giat Pemda bisa dikonsumsi oleh seluruh kalangan masyarakat, dengan kemasan yang berkualitas.

Baca:  Proyek Peningkatan Jalan Dalam Kota Salakan Banggai Kepulauan Dikebut

“Jangan sampai berita yang publis tidak sesuai dengan aturan. Seperti pembuatan judul clickbait. Judulnya provokatif yang tidak sesuai dengan isi beritanya,” kata beliau.

Sambung Ihsan, para jurnalis juga perlu memperhatikan etika dan kualitas pengambilan gambar sebagai pendukung berita.

“Jangan sampai seperti ada pelaku kejahatan yang fotonya dipublis bersamaan dengan gambar anaknya. Kasihan anaknya masih kecil. Tidak berdosa lalu dibawa-bawa dalam masalah itu,” tuturnya.

Ihsan mengharapkan, keterlibatan jurnalis utusan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mampu menyajikan pemberitaan yang berkualitas. Sehingga terciptanya keterbukaan informasi publik tentang kinerja dan program pemerintah kepada masyarakat.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Bangkep Ratnasari N Turungku menginformasikan, saat ini Bangkep telah memiliki Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) yang akan disiarkan melalui saluran radio Pemda.

Baca:  Dana Desa, Pemdes Apal Bangun Jalan Rabat Beton

“Dalam waktu dekat saluran radio tersebut mulai beroperasi untuk menyajikan beragam informasi terhadap masyarakat hingga ke pelosok,” ungkapnya.

Diinformasikan, jurnalis dan penyiar radio Pemda yang hadir sebagai peserta pelatihan sebanyak 70 orang.

Penyelenggara juga mengundang sejumlah awak media yang selama ini menjadi mitra pemerintah.

Adapun para narasumber pada kegiatan itu, Kepala Redaksi Bagian Kesejahteraan Rakyat atau Kesra Kantor Berita Antara Jakarta Santoso, Kepala Biro Antara Sulteng Andilala dan Wartawan Foto Biro Antara Sulteng Basri Marzuki. *

(dahlan)