Kemah Prestasi di Toili Banggai Terbesar se Indonesia Timur

Indonesia Timur
Ketua panitia pelaksana kemah prestasi DR. Risman Saripudin.

“Kegiatannya seminggu. Tapi sebelum agenda, gelombang peserta sudah berdatangan. Akan ada perputaran uang Rp 7-8 miliar selama kegiatan. Sudah pasti akan memulihkan ekonomi warga Banggai”

(DR. Risman Saripudin)

LUWUK– Kemah prestasi yang akan berlangsung di desa Bukit Jaya Kecamatan Toili Kabupaten Banggai, 8-14 Agustus 2022 mendatang merupakan kegiatan terbesar se Indonesia Timur. Salah satu barometernya adalah jumlah peserta yang terlibat.

Ketua panitia pelaksana DR. Risman Saripudin kepada Luwuk Times, bertempat sektetariat Kwarcab Pramuka Kabupaten Banggai, Kamis (14/07/2022) mengatakan, kemah prestasi di Kecamatan Toili Kabupaten Banggai ini merupakan tingkat cabang.

Meski level kabupaten, namun estimasinya akan ada 12 ribu peserta yang hadir.

Bacaan Lainnya

Sebagai pembanding kata Chimank-sapaannya, perkemahan Wirakarya di Provinsi Jambi yang levelnya nasional pesertanya sebanyak 24 ribu.

Sementara Kabupaten Banggai yang hanya level cabang mengestimasi sebanyak 12 ribu peserta.

“Iya, bisa kami sebut kemah prestasi Banggai semi nasional, karena terbesar se Indonesia Timur,” ucapnya.

Sebelumnya tahun 2019 pernah dilaksanakan kegiatan serupa. Saat itu pusat kegiatan desa Hion Kecamatan Bunta.

“Seingat saya pesertanya sebanyak 8.600 orang. Termasuk hadir dari Kabupaten Tojo Unauna,” kata Chimank.

Selain 23 Kwaran se Kabupaten Banggai, beberapa kabupaten juga akan ikut berpartisipasi.

Yakni Poso, Banggai Kepulauan, Banggai Laut, Morowali dan Morowali Utara.

Estimasi panitia, rata-rata duta kabupaten luar Banggai, masing-masing 100-an peserta.

Pemulihan Ekonomi

Ia optimis, melalui kemah prestasi ini dapat memulihkan ekonomi warga Kabupaten Banggai, pasca 2 tahun dilanda pandemi covid-19.

Bahkan pria yang belum lama ini menyandang gelar Doktor ini memprediksi akan terjadi perputaran ekonomi yang cepat di Kabupaten Banggai.

“Kegiatannya seminggu. Tapi sebelum agenda, gelombang peserta sudah berdatangan. Prediksi saya akan ada perputaran uang Rp 7-8 miliar selama kegiatan. Sudah pasti akan memulihkan ekonomi warga Banggai,” ucapnya.

Respon Bupati Banggai

Masih dengan penjelasan Chimank, Bupati Banggai yang juga eksoposio Kamabicab, H. Amirudin sangat merespon hajatan pramuka ini.

Terbukti ia mendorong Dinas Pendidikan yang notabene leading sektor Kwarcab Pramuka Banggai untuk terus mensuport agar agenda ini berlangsung sukses.

“Pak Kadisdik Syafrudin Hinelo bersama Sekdis dan para Kabid, aktif mengikuti rapat persiapan panitia,” katanya.

Bentuk respon lainnya Bupati sebut Chimank adalah dengan menyiapkan kendaraan operasional buat Kwarcab Pramuka Banggai.

“Saya kira tidak perlu diragukan dukungan moril Bupati buat agenda kami ini,” jelas dia.

Kesiapan Panitia

Kurang dari sebulan lagi, kemah prestasi segera dilaksanakan. Panitia Kwarcab yang berpersonilkan 25 orang plus panitia kecil yang berasal dari Kwaran Toili serta warga saat ini terus melaksanakan persiapan.

Untuk lokasi kegiatan, panitia menyiapkan lahan seluas 12 hektar. Dan pada lokasi itu akan berdiri sebanyak 1.100 tenda.

Rencananya, Gubernur Sulteng Rusdy Mastura akan membuka kegiatan itu pada tanggal 8 Agustus. Dan pada sela-sela opening ceremony itu, Bupati Banggai Amirudin secara resmi melepas peserta jambora nasional (Jamnas) XI tahun 2022 ke Cibubur Jakarta.

“Bertepatan pada pembukaan, Bupati akan melepas peserta Jamnas Banggai sebanyak 16 orang bersama 8 pendamping,” kata Chimank. *

Baca Juga:  Hadapi MEA, Sekkab Banggai Buka Pelatihan Bagi Masyarakat Pesisir

Pos terkait