Iklan

Sulteng

KORMI Gelar Road to Fornas di Palu, Wacana Sulteng Tuan Rumah 2027

1589
×

KORMI Gelar Road to Fornas di Palu, Wacana Sulteng Tuan Rumah 2027

Sebarkan artikel ini
KORMI menggelar road to Fornas sebagai ajang pengenalan 32 induk olahraga (Inorga) naungan KORMI. Kegiatan di taman GOR kota Palu Minggu (04/06/2023) diramaikan ribuan masyarakat.

LUWUK TIMES — Pengurus Komite Olahraga Masyarakat Indonesia Sulawesi Tengah (KORMI) menggelar road to Fornas sebagai ajang pengenalan 32 induk olahraga (Inorga) naungan KORMI daerah setempat. Kegiatan yang digelar di taman GOR kota Palu pada Minggu (04/06/2023) diramaikan ribuan masyarakat.

Turut hadir Ketua Kormi Nasional Hayono Isman, Gubernur Sulteng yang diwakili Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Irvan Aryanto, Ketua Kormi Sulteng, Syaifullah Djafar, Sekretaris Umum KONI Sulteng Husin Alwi serta stakeholder terkait.

Ketua Panitia pelaksana Kartini Malarangan, mengatakan, kegiatan road to fornas bertujuan ingin mengenalkan induk olahraga (Inorga) naungan kormi Sulteng ke masyarakat luas.

Baca:  Bachtiar Pasman Reses di Desa Bantayan, Ini Permintaan Warga

Yang terpenting, menurut dia, Sulteng telah siap untuk berpartisipasi pada Festival Olahraga Nasional (Fornas) VII yang digelar awal bulan Juli di Jawa Barat.

Adapun rangkaian acara meliputi pawai yang digelar pada Sabtu (03/06). Kemudian pada Minggu yang dimulai jalan santai, serta penampilan sejumlah inorga mulai dari zumba, panahan tradisional, sumpit, ikatan langkah dansa, E sport dan lain sebagainya.

“Kegiatan ini untuk memberi spirit kepada pegiat olahraga, agar mereka membawa nama semangat tadulako ke Fornas Jawa Barat,” kata Kartini.

Di sisi lain, Syaifullah Djafar menuturkan, KORMI Sulteng saat ini telah menginventarisir pegiat olahraga yang akan bertolak ke Fornas Jabar.

Baca:  Harapan Gubernur Rusdy buat 246 Dokter Gigi di Sulteng

Jika sebelumnya hanya 305 pegiat olahraga, tahun ini KORMI menargetkan bakal mengirimkan 400-500 perwakilan.

“Sampai saat ini yang telah terdaftar di FIS (Fornas Information System), Sulteng mendekati 400 pegiat. Kemungkinan mendekati 500. Ini suatu hal yang luar biasa mengingat fornas tahun lalu hanya 305 yang ikut. Dan tahun ini hanya 200 pegiat yang dibiayai pemerintah, selebihnya adalah biaya mandiri Inorga,” papar Syaifullah.

Sementara itu, ketua Korminas, Hayono Isman mengapresiasi semangat Sulteng yang bersiap ikut ajang Fornas Jabar.

Menurutnya, kesiapan Fornas berjalan dengan lancar dan rencananya akan dibuka pada tanggal 2 Juli 2023.

Baca:  Dihadiri 30-an Pengurus, Ini Hasil Raker Askab PSSI Banggai

“Tentunya kita berharap Kormi Sulawesi Tengah bersama Induk Olahraga bisa hadir di Fornas Jawa Barat,” katanya.

Hayono pun berharap Sulteng bisa jadi tuan rumah Fornas tahun 2027 mengingat olahraga masyarakat tidak membutuhkan venue yang luas.

Hal senada disampaikan Irvan Aryanto mewakili gubernur. Dia berharap untuk pertama kalinya di pulai Sulawesi, Sulteng bisa jadi tuan rumah penyelenggara fornas.

“Karena Fornas 2025 sudah diambil atau dimenangkan oleh NTB, maka kita dorong KORMI Sulteng bisa jadi tuan rumah di tahun 2027,” kata Irvan. * Bar