IKLAN
Ramadhan Berkah

Manfaat Bersedekah di Bulan Ramadhan

408
×

Manfaat Bersedekah di Bulan Ramadhan

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi

MARILAH pada bulan suci Ramadhan ini memanfaatkan rezeki yang diberikan Allah kepada kita selalu bersedekah. Karena orang yang selalu bersedekah Allah panjangkan umurnya.

Apa saja engkau nafkahkan rezeki yang diberikan Allah kepadamu, Allah akan menggantikannya jauh lebih banyak.

قُلْ إِنَّ رَبِّي يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَنْ يَشَاءُ مِنْ عِبَادِهِ وَيَقْدِرُ لَهُ ۚ وَمَا أَنْفَقْتُمْ مِنْ شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهُ ۖ وَهُوَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ

Artinya :

Katakanlah: “Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendaki-Nya)”. Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dialah Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya. (Saba 39).

Baca:  PHBI Banggai Turun di Dua Masjid Desa Lumpoknyo Luwuk

Sedekah, tidak akan mengurangi hartamu. Sedekah tidak akan membuat kamu jadi miskin. Sedekah, adalah sebagai pencegah musibah. Sedekah adalah dapat menghapuskan dosa dosamu. Dan sedekah adalah suatu keberuntungan.

Selain itu sedekah itu mendatangkan berkah. Sedekah itu mendatangkan suatu ketenangan. Sedekah itu membawa rahmat. Dan dengan sedekah orang bisa jadi kaya.

Oleh karena itu bersedekahlah sebelum engkau disedekahkan.

Apa saja engkau sedekahkan Allah pasti menggantikannya. Bahkan Allah melipat gandakan sampai 700 kali lipat.

Itu sebagaimana yang telah dijelaskan dalam Alquran.

Surat Al-Baqarah Ayat 261

مَثَلُ الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنْبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِي كُلِّ سُنْبُلَةٍ مِائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَاللَّهُ يُضَاعِفُ لِمَنْ يَشَاءُ ۗ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

Baca:  Perempuan Bangsa PKB Banggai Berbagi Takjil Ramadhan di Luwuk

Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.

Ya Allah, jadikanlah kami sebagai hamba-Mu yang ringan bersedekah.

Sucikanlah harta kami dengan sedekah kami. Terimalah sedekah kami. Dan kabulkanlah segala hajat kami. Bahagiakanlah kami dengan pertolonganmu, Ya Rabb. Amin Ya Rabbal Alamin. *

Jamal Sahil

error: Content is protected !!