Religi

Mengapa Rasanya Berat Shalat 5 Waktu?

479
×

Mengapa Rasanya Berat Shalat 5 Waktu?

Sebarkan artikel ini
Editor: Sofyan Labolo
Ilustrasi

SHALAT menjadi salah satu dari rukun Islam. Shalat bagi umat Muslim adalah wajib. Namun mengapa kita sering lalai menunaikan kewajiban tersebut.

Padahal shalat 5 waktu itu gratis. Tapi masih banyak orang yang merasa berat untuk melakukannya.

Jawabannya adalah, karena mereka begitu amat mencintai dunia dari pada akhirat.

Seseorang yang amat mencintai dunia begitu terlena dengan menggapai dunia, sampai-sampai tidak memiliki waktu untuk shalat.

Ada yang menganggap bahwa shalat sebagai penghalang dan penganggu kesuksesan mereka. Nauzubillahi min dzalik.

Tahukah kalian keutamaan shalat 5 waktu itu seperti mandi setiap hari 5 kali dan penghapus dosa.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

أَرَأَيْتُمْ لَوْ أَنَّ نَهَرًا بِبَابِ أَحَدِكُمْ ، يَغْتَسِلُ فِيهِ كُلَّ يَوْمٍ خَمْسًا ، مَا تَقُولُ ذَلِكَ يُبْقِى مِنْ دَرَنِهِ » . قَالُوا لاَ يُبْقِى مِنْ دَرَنِهِ شَيْئًا . قَالَ « فَذَلِكَ مِثْلُ الصَّلَوَاتِ الْخَمْسِ ، يَمْحُو اللَّهُ بِهَا الْخَطَايَا »

“Tahukah kalian, seandainya ada sebuah sungai di dekat pintu salah seorang di antara kalian, lalu ia mandi dari air sungai itu setiap hari lima kali, apakah akan tersisa kotorannya walau sedikit?” Para sahabat menjawab, “Tidak akan tersisa sedikit pun kotorannya.” Beliau berkata, “Maka begitulah perumpamaan shalat lima waktu, dengannya Allah menghapuskan dosa.” (HR. Bukhari no. 528 dan Muslim no. 667)

Baca:  Pesan Dakwah Jamal Sahil: Hidup di Dunia Hanya 1,5 Jam Saja

Jika hidupmu disibukan oleh urusan duniawi, surga sulit kau raih.

Jika hidupmu disibukan oleh urusan akhirat, kelak Allah akan buatkan tempat untukmu di surga. Masya Allah.

Marilah kita ummat Muslim selalu menjaga shalat 5 waktu karena sesungguhnya shalatmu adalah penolongmu.

Surat Al-Baqarah Ayat 153

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ ۚ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ

Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.

Sebagaimana dalam Hadist, perintah Menjaga Shalat Wajib dan Larangan serta Ancaman yang Sangat Keras bagi yang Meninggalkannya.

وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ – رَضِيَ اللهُ عَنْهُ – ، قَالَ : قاَلَ رَسُولُ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – : (( إنَّ أَوَّلَ مَا يُحَاسَبُ بِهِ العَبْدُ يَوْمَ القِيَامَةِ مِنْ عَمَلِهِ صَلاَتُهُ ، فَإنْ صَلُحَتْ ، فَقَدْ أفْلَحَ وأَنْجَحَ ، وَإنْ فَسَدَتْ ، فَقَدْ خَابَ وَخَسِرَ ، فَإِنِ انْتَقَصَ مِنْ فَرِيضَتِهِ شَيْءٌ ، قَالَ الرَّبُ – عَزَّ وَجَلَّ – : اُنْظُرُوا هَلْ لِعَبْدِي مِنْ تَطَوُّعٍ ، فَيُكَمَّلُ مِنْهَا مَا انْتَقَصَ مِنَ الفَرِيضَةِ ؟ ثُمَّ تَكُونُ سَائِرُ أعْمَالِهِ عَلَى هَذَا )) رَوَاهُ التِّرمِذِيُّ ، وَقَالَ : (( حَدِيثٌ حَسَنٌ ))

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya amal yang pertama kali dihisab pada seorang hamba pada hari kiamat adalah shalatnya. Maka, jika shalatnya baik, sungguh ia telah beruntung dan berhasil. Dan jika shalatnya rusak, sungguh ia telah gagal dan rugi. Jika berkurang sedikit dari shalat wajibnya, maka Allah Ta’ala berfirman, ‘Lihatlah apakah hamba-Ku memiliki shalat sunnah.’ Maka disempurnakanlah apa yang kurang dari shalat wajibnya. Kemudian begitu pula dengan seluruh amalnya.” (HR. Tirmidzi, ia mengatakan hadits tersebut hasan.) [HR. Tirmidzi, no. 413 dan An-Nasa’i, no. 466. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih.]

Baca:  Tanda Tanda Manusia Meninggal dalam Keadaan Husnul Khotimah

Jagalah Shalat

Jika setiap hari kita shalat iman semakin teguh dan kuat. Ibadah pun bertambah taat dan terbatas dari godaan setan yang laknat.

Kalau kita shalat tubuh pun ikut sehat. Jiwa dan raga pun terasa lebih semangat. Hidup akan menjadi semakin lebih bermanfaat dan akan tercapai bahagia dunia akhirat.

Kalau kita selalu shalat, wajah senantiasa bercahaya tiada pucat.

Di akhirat akan mendapat Syafaat. Wajah Rabb kelak bisa terlihat. Ridha Allah akan didapat dan didalam surga akan penuh dengan nikmat. Subhanallah.

Semoga aku, kamu dan seluruh umat Muslim bisa selalu menjaga shalat 5 waktu dan mendapatkan syafaat dari-Nya. Amin Ya Rabbal Alamin. *

Jamal Sahil

error: Content is protected !!