Close ADS

Parpol

Mengukur Kekuatan Parpol Lewat DCS Anggota DPRD Banggai di Pemilu 2024 (Bagian 2)

1416
×

Mengukur Kekuatan Parpol Lewat DCS Anggota DPRD Banggai di Pemilu 2024 (Bagian 2)

Sebarkan artikel ini

Oleh: Sofyan Labolo

SEBANYAK 475 bakal calon legislatif (bacaleg) yang tersebar di 16 partai politik (parpol) telah diumumkan KPU Kabupaten Banggai, melalui daftar calon sementara (DCS) anggota DPRD Kabupaten Banggai.

Mereka akan berkompetisi merebut simpatik rakyat pada pemilu legislatif, yang akan berlangsung 14 Februari 2024 mendatang.

DCS berpotensi berubah. Karena masih ada satu tahapan lagi, yakni daftar calon tetap (DCT). Luwuk Times mencoba mengukur, kekuatan parpol lewat daftar calon yang telah diumumkan KPU Banggai tersebut.

4. Partai Golkar

Partai Golkar harus rela melepas palu sidang DPRD Banggai. Itu setelah pada pemilu legislatif 2019 lalu hanya memperoleh 5 kursi. Pada pemilu itu, Golkar berada pada peringkat ketiga perolehan suara.

Padahal dalam beberapa kali perhelatan pesta demokrasi, Golkar sebagai partai pendulang kursi terbanyak.

Hasrat untuk kembali merebut tampuk pimpinan di parlemen lalong muncul. Keoptimisan para kader beringin itu lahir, setelah Beniyanto Tamoreka menjabat sebagai Ketua DPD Partai Golkar Banggai.

Baca:  DPW NasDem Sulteng Usulkan Tiga Nama Capres di Rakernas

Bentuk keyakinan itu tercermin lewat daftar bursa bakal caleg yang dipasang Beniyanto di empat dapil Kabupaten Banggai.

Memang di dapil 1 Banggai, Partai Golkar tak punya kandidat petahana. Namun ke 9 figur yang didorong dinilai memiliki nilai jual ke publik.

Di dapil neraka ini, Golkar memasang Saripudin Tjatjo sebagai bacaleg nomor urut 1. Senior beringin ini pada pemilu 2019 lalu, lahir dari dapil 4 Banggai.

Pada nomor urut 2 ada Muh. Panji Syahputra. Meski pendatang baru, namun anak Bupati Banggai H. Amirudin ini diprediksi punya kans memberi kontribusi kursi untuk Golkar.

Bendahara Partai Golkar Banggai Roswati Masi mengantongi nomor urut 3. Selanjutnya ada Agus Damalante, Iwan Kobaa, Lelly Tiara Rajagukguk, Arifin Morintoh, Iman Muhammad Pampawa dan Silvia Lakoro.

Baca:  Ketum PANDAI Farhat Abbas Dukung SAS Pimpin NU 3 Periode

Ada dua kandidat petahana Partai Golkar di dapil 2 Banggai. Irwanto Kulap dan Su’dan Latjeno. Jika Irwanto Kulap dimandatkan memegang nomor urut 1, Su’dan malah memilih nomor urut paling buncit, yakni 10.

Tiga keterwakilan perempuan Golkar di dapil 10 kursi ini. Yakni Lisa Sundari, Indry Azis dan Meidy Singkay.

Sementara 5 bacaleg Golkar lainnya masing-masing Ramli Mbani, Gatut Sugiana, Arslan Lapalanti, Suharmadi dan Rio Aditya Kaolang.

Yolanda Antuke, masih mendapat kepercayaan Golkar untuk berkompetisi di dapil 3 Banggai. Padahal sebelumnya ada wacana, istri Samsul Bahri Mang ini akan ditarik ke dapil 1 Banggai. Alasannya, karena Samsul Bahri Mang naik level mencalonkan DPRD dapil 4 Sulteng.

Selain Yolanda, tiga kader Golkar memperkuat dapil Kepala Burung. Irsan Badalu, Saiful Bahri Anggo dan Eni Marthen.