Close ADS

Ramadhan Berkah

Orari Lokal Banggai Safari Ramadhan di Lima Masjid Kecamatan Nambo

295
×

Orari Lokal Banggai Safari Ramadhan di Lima Masjid Kecamatan Nambo

Sebarkan artikel ini
Orari Lokal Banggai melaksanakan Safari Ramadhan di lima Masjid Kecamatan Nambo.

Luwuk Times — Di hari ke 17 Ramadhan 1444 H, Organisasi Amatir Radio Republik Indonesia (Orari) Lokal Banggai turun di Kecamatan Nambo.

Ada lima masjid di wilayah itu yang disambangi Orari Lokal Banggai lewat agenda safari Ramadhan tersebut.

“Tanggal 8 April ini, sebanyak 5 titik masjid yang kami sambangi secara serentak dalam safari Ramadhan,” kata Ketua Orari Lokal Banggai, Alfian Djibran, tadi malam.

Kelima masjid yang dikunjungi itu yakni Al Hijrah desa Koyoan Permai, Al Istiqomah desa Koyoan, Al Munawarah Kelurahan Nambo Bosa, Masjid At Tauhid desa Lumbe dan masjid yang ada di desa Nambo Padang.

Dalam safari Ramadhan itu, Orari Lokal Banggai melibatkan sejumlah da’i, yang notabene adalah anggota Orari.

Baca:  Undangan Akad Nikah dan Resepsi Pernikahan Dibatasi, Ini Jumlahnya

“Para da’i itu miliki calsign atau anggota resmi yang memilki IAR atau Izin Amatir Radio. Para pembawa tausiah itu adalah Ustad Ramli Hasan, Ustad Mutaqin, Ustad Ali Mahfud, Ustad Muhtar Kantu dan kami sendiri selaku Ketua Orlok Banggai,” kata Alfian.

Menurut Alfian, safari Ramadhan adalah salah satu program bidang keagamaan Orlok Banggai. Bertujuan untuk selalu bersilaturahmi dengan masyarakat dan pemantapan nilai-nilai keagaman anggota Orari Lokal Banggai.

“Selain safari Ramadhan, kami juga berbagi pembuka puasa bagi warga Luwuk,” katanya.

Orari juga sambung Alfian, adalah organisasi yang bergerak dalam dukom membantu pemerintah dan masyarakat, pada sejumlah ivent dan kebencanaan. Karena itu sebangai bagian dari bakti sosial

Baca:  Pertamina Wilayah Sultengbar Janji Bangun SPBU di Nambo

Organisasi orari secara hirarki ada di pusat yakni Orari indonesia, Orda di provinsi dan orlok di kabupaten, yang strukturnya di berbagai tingkatan. Mulai dari unsur DPP dan unsur orda/orlok.

“Sedang sektreatariat kami yakni Seklok ada di jalan MT. Haryono Luwuk atau berada di seberang jalan masjid Agung Luwuk,” jelas Alfian.

Untuk menjadi anggota Orari harus mendapatkan calsign dengan mengikuti Unar.

Dan tiap perodik diperpanjang. Menjadi anggota Orari harus mematuhi peraturan organisasi secara umum.

Termasuk paham teknik radio dan cara berkomunikasi yang baik. Contohkan cara memanggil dan menerima dalam berkomunikasi. * yan