IKLAN
Pilkada 2024

Pilkada 2024, Ini Langkah Politik Herwin Yatim, Sulianti Murad dan Beniyanto Tamoreka

2168
×

Pilkada 2024, Ini Langkah Politik Herwin Yatim, Sulianti Murad dan Beniyanto Tamoreka

Sebarkan artikel ini
Editor: Sofyan Labolo Sumber Berita
Herwin Yatim, Sulianti Murad dan Beniyanto Tamoreka. (Foto: Sofyan Labolo)

LUWUK TIMES – Tiga pimpinan partai politik (Parpol) dinilai memiliki kans untuk mencalonkan diri sebagai Bupati Banggai pada Pilkada tahun 2024 mendatang.

Pencalonan di DPR RI maupun di DPRD Banggai dinilai untuk menguji elektabilitas masing-masing pimpinan tiga partai politik ini.

Pimpinan Parpol itu yakni Herwin Yatim sebagai Ketua DPC PDI Perjuangan yang juga mantan Bupati Banggai, Ketua DPD II Golkar Banggai Beniyanto Tamoreka dan Ketua DPC Gerindra Sulianti Murad.

Soal Pilkada 2024, Herwin Yatim menyatakan, sesuai instruksi DPP ia diminta untuk menyukseskan  bakal Caleg di Kabupaten Banggai pada Pileg 2024.

“Adapun saya mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI Insyallah mohon doa restu,” tuturnya saat di KPU Banggai pada Kamis, 11 Mei 2023.

Baca:  1-7 Mei NasDem Buka Pendaftaran, Chandra: Bakal Calon Mengikuti Sekolah Kepala Daerah di DPP

Khusus masalah Pilkada 2024, kata Herwin Yatim, ia akan meminta petunjuk kepada Sekretaris DPD PDI Perjuangan Suprapto, BPP Pemilu, dan para kader PDI Perjuangan. 

“Khusus masalah Pilkada saya minta petunjuk sama Pak Sekretaris, BPP Pemilu, dan kader-kader PDI Perjuangan dan bapak-bapak wartawan apakah Herwin Yatim cocok maju atau tidak. Kalau tidak cocok tetap di DPR RI, kalau cocok bismillah,” imbuhnya.

Sementara itu, Sulianti Murad memilih maju di Pileg 2024 untuk ke parlemen Lalong.

Namun, Gerindra menargetkan 7 kursi di DPRD Banggai, sehingga nantinya partai ini tak perlu berkoalisi dengan partai lain pada Pilkada 2024.

Baca:  Para Buruh di Luwuk Banggai Protes, Ini Aspirasi Mereka

Dalam sejumlah momentum, Sekretaris DPC Gerindra Banggai Julius Tipa menegaskan bahwa partai besutan Prabowo Subianto ini tetap konsisten mendorong Sulianti Murad sebagai calon Bupati pada 2024 mendatang.

Adapun Ketua DPD II Golkar Banggai Beniyanto Tamoreka saat ditanya soal langkah pada Pilkada 2024, ia menegaskan, bagi politisi tidak hanya fokus pada satu kontestasi di antara beberapa kontestasi.

“Kalau saya tidak jadi DPR RI, kemungkinan besar saya bisa mencalonkan diri bisa ada di Balut (Balut), Bangkep, bisa juga ada di Tojo Una-una. Tidak menutup kemungkinan, tergantung partai politik,” tutur politikus yang akrab disapa Beni Tamoreka ini. *

asn

error: Content is protected !!