IKLAN
Kriminal

Ratusan Kilogram Daging Sapi Ilegal Asal Maluku Diamankan di Pelabuhan Luwuk

241
×

Ratusan Kilogram Daging Sapi Ilegal Asal Maluku Diamankan di Pelabuhan Luwuk

Sebarkan artikel ini
Ratusan kilogram daging sapi kemasan tidak dilengkapi dokumen karantina asal Maluku, terjaring razia di Pelabuhan Rakyat Luwuk. (Foto: Humas Polres Banggai)

Luwuk Times — Ratusan kilogram daging sapi kemasan tidak dilengkapi dokumen karantina, terjaring razia di Pelabuhan Rakyat Luwuk. Penjaringan barang illegal itu dilakukan Balai Karantina Pertanian Kelas II Palu wilayah kerja Luwuk bersama Subsektor KP3 Polsek Luwuk, Selasa (4/4/2023).

Kasubsektor KPPP Polsek Luwuk IPDA Suparman menjelaskan, daging tersebut ditemukan dalam sebuah angkutan Kapal Laut KM Sumber Raya yang baru datang dari Kabupaten Sanana Provinsi Maluku.

“Kami temukan ratusan kilogram daging sapi dalam kemasan 10 kotak Styrofoam di atas kapal KM Sumber Raya tujuan Sanana–Luwuk,” ujarnya.

Daging sapi tanpa dokumen tersebut masuk ke Luwuk, karena diduga melanggar Undang-undang Nomor 21 tahun 2019, tentang karantina ikan, hewan dan tumbuhan.

“Karena tidak dilengkapi dokumen karantina hewan dari karantina asal, maka dilakukan penahanan oleh tim Balai Karantina Pertanian Kelas II Palu Wilayah Kerja Luwuk yang beralamatkan di Desa Bubung Kecamatan Luwuk Selatan,” sebut IPDA Suparman.

Baca:  Mengaku Intel, Pemuda Luwuk Timur Ini Gelapkan Motor dan Pencuri Ponsel

“Kepada pemilik daging inisial DI warga Desa Tontuan Kecamatan Luwuk diberikan waktu tiga hari untuk mengurus ijin daging. Apabila dalam waktu yang diberikan tidak bisa melengkapi dokumen, maka akan dimusnahkan oleh pihak karantina,” sambungnya.

Pengungkapan ini, menurut Kasubsektor KPPP Polsek Luwuk berkat sinergi bersama dan kerja sama yang begitu jeli memeriksa muatan dari Kapal laut angkutan luar daerah. * Hpb

error: Content is protected !!