IKLAN
Sulteng

Soal Wacana Perubahan Nama Gedung Olahraga GBK, Gubernur Sulteng Angkat Bicara

957
×

Soal Wacana Perubahan Nama Gedung Olahraga GBK, Gubernur Sulteng Angkat Bicara

Sebarkan artikel ini
Editor: Sofyan Labolo
Gubernur Sulteng H Rusdy Mastura. (Foto: Biro Administrasi Pimpinan)

LUWUKTIMES.ID— Wacana tentang perubahan nama Gedung Olahraga Gelora Bumi Kaktus (GBK), membuat Gubernur Sulteng H Rusdy Mastura angkat bicara, Jumat (26/01/2024).

Saat menjemput Ceo PT Mega Corpora di VIP room Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu, Gubernur Sulteng memberi klarifikasi melalui Kepala Biro Administrasi Pimpinan Eddy N. Lesnusa dan Kepala Bagian Materi dan Komunikasi Pimpinan Erwin.

“Bukan mengganti. Tapi menambahkan nama tokoh olahraga yang berjasa dalam pembentukan Provinsi Sulawesi Tengah,” kata keduanya.

Andi Raga Pettalolo adalah tokoh yang ditambah pada nama gedung GBK. Tujuannya kata Gubernur Sulteng, untuk menghormati jasanya sebagai tokoh penting yang sukses melobi pemerintah untuk mengizinkan kontingen Sulteng mengikuti PON V Bandung 1961.

Baca:  Gubernur Sulteng Rusdy Mastura Lantik 418 Pejabat Fungsional

“Waktu itu (1961) kita berani membawa nama Sulawesi Tengah di PON V. Padahal provinsi ini baru lahir tahun 1964,” kenang gubernur mengulas partisipasi Sulteng yang belum terpisah dari provinsi induknya Sulawesi Utara.

Kehadiran Sulteng di PON V juga diakuinya sukses memuluskan proses pembentukan provinsi yang Ia sebut keberhasilan diplomasi olahraga.

Baca:  Bhabinkamtibmas dan Babinsa Ogotua Tolitoli Pantau Harga Sembako

“Jadi tidak betul itu (perubahan nama GBK). Hanya namanya saja ditambah menjadi Gelora Bumi Kaktus Andi Raga Pettalolo. Tujuannya untuk menghormati jasanya bagi pembentukan Sulawesi Tengah,” tambahnya.

Selain itu, gubernur berencana menambahkan nama-nama tokoh bersejarah Sulteng lainnya, seperti nama-nama gubernur pendahulunya untuk menamai sejumlah infrastruktur daerah.

“Seperti nama bandara kita. Dari Mutiara menjadi Mutiara Sis Aljufri,” pungkasnya. *

Baca: Disambut Gubernur Sulteng, Ceo PT Mega Corpora Chairul Tanjung Berkunjung ke Palu

Biro Administrasi Pimpinan

error: Content is protected !!