IKLAN
Banggai

Wabup Banggai Furqanuddin Buka Festival Ogoh-Ogoh di Kecamatan Toili

182
×

Wabup Banggai Furqanuddin Buka Festival Ogoh-Ogoh di Kecamatan Toili

Sebarkan artikel ini
Penulis: Prokompim Setda Banggai
Wabup Banggai Furqanuddin Masulili

BANGGAI, Luwuktimes.id— Wakil Bupati (Wabup) Banggai membuka kegiatan Festival Ogoh-Ogoh ke 2 Komisariat Peradah Kecamatan Toili dan Toili Jaya, Jumat (03/05/2024).

Kegiatan yang berlangsung di lapangan sepak bola Desa Tirtasari Kecamatan Toili itu turut dihadiri diantaranya, Ida Pandita MPU Jaya Acharya Nanda, para Pimpinan Perangkat Daerah, Camat Toili dan jajarannya, Camat Toili Jaya bersama Jajarannya beserta unsur Forkopimcam Toili dan Toili Jaya.

Selain itu PSN Kabupaten Banggai, PHDI dan WHDI Kabupaten Banggai, Ketua DPP Provinsi Sulteng, KMHDI Banggai, Ketua PHDI Kecamatan dan Desa Se-Kecamatan Toili dan Toili Jaya.

Wabup Banggai mengatakan, Kabupaten Banggai merupakan daerah yang kaya akan peradaban sejarah dan budaya.

Baca:  Isteri Diganggu di FB, Begini Reaksi Pria Asal Toili Banggai Ini

Termasuk berbagai macam ritual adat. Salah satunya adalah Festival Ogoh-Ogoh dan Festival Budaya.

Event ini diharapkan dapat menjadi wahana untuk menumbuhkan semangat dan motivasi dalam upaya menggali, melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai budaya.

Sehingga hidup, tumbuh dan berkembang didalam kehidupan masyarakat Hindu di daerah ini.

Lanjut kata Wabup Furqanuddin, festival Ogoh Ogoh ini, bertujuan agar buta kala beserta unsur negatif lainnya menjauh dan tidak menggannggu kehidupan umat manusia.

Ogoh-ogoh dan rangkaian ritual buta yadnya merupakan upaya masyarakat mensucikan diri dan lingkungannya dari keburukan salah satu ogoh-ogoh.

Oleh karena itu Wabup sangat mengharapkan kepada masyarakat yang ada di Kecamatan Toili dan Toili Jaya agar dapat memberikan apresiasinya terhadap pelaksanaan kegiatan ini.

Baca:  Dibuka Wabup Banggai, Ini Manfaat Sekolah Lapang Gempa Bumi dan Tsunami

Karena apabila kegiatan ini dikemas dengan baik dan mendapat dukungan serta perhatian oleh seluruh lapisan masyarakat didaerah ini, maka akan memberikan dampak positif dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Usai membacakan sambutan tertuli Bupati Banggai, dilanjutkan dengan pemukulan gong oleh Wakil Bupati Banggai Pertanda Festival Ogoh-Ogoh dan Festival Budaya dibuka.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis klaim BPJS Ketenagakerjaan oleh Wakil Bupati kepada nasabah yang meninggal. Selanjutnya acara ditutup dengan parade Ogoh-Ogoh. *

Baca: Enam Anggota Paskibraka Kabupaten Bnggai Ikut Seleksi Tingkat Provinsi Sulteng

error: Content is protected !!