Banggai

33 Unit Bantuan Rumah Layak Huni Bagi Korban Bencana Dijadwalkan Rampung Desember

368
×

33 Unit Bantuan Rumah Layak Huni Bagi Korban Bencana Dijadwalkan Rampung Desember

Sebarkan artikel ini
Penulis: Naser Kantu
Bantuan Rumah Layak Huni Dinas Pekimtan Kabupaten Banggai Tahun 2023. (Foto : IST)

Luwuk, LUWUK TIMES – Sebanyak 33 unit bantuan Rumah Layak Huni dari Dinas Perkimtan Kabupaten Banggai ke masyarakat terdampak bencana alam, bakal segera rampung.

Pembangunan Rumah Tipe 36 itu, terletak di Kecamatan Luwuk Timur, diantaranya Desa Indang Sari 21 unit, Pohi 8 unit, dan Hunduhon 4 unit.

Kepala Dinas Perkimtan Maryam Salat melalui Kepala Bidang Rusli Tongko, pada Luwuk Times, Senin (13/11/2023) menyebutkan progres pembangunan bantuan rumah ini dijadwalkan rampung pada Bulan Desember.

Baca:  Pemberlakuan PPKM Level 3 di Banggai Sampai dengan 28 Maret

“Sudah 80 persen, Desember bisa selesai, dan sudah bisa dimanfaatkan penerima bantuan. Mungkin secara simbolis akan diresmikan Pak Bupati,” ucapnya.

Program ini, kata dia, dilaksanakan secara swadaya dengan melibatkan langsung warga pemilik rumah untuk pembangunan yang diawasi dan didampingi oleh fasilitator dari Dinas Perkimtan.

“Anggarannya diserahkan langsung ke pemilik rumah melalui rekening, mereka yang bangun sendiri, kita dampingi selama tahapan pencairan dana, pembelian material dan pembangunannya,” jelasnya.

Baca:  Ketua TP PKK Banggai Narasumber Pencegahan dan Penanganan Stunting di Bungin Timur Luwuk

Setiap unit rumah mendapatkan alokasi bantuan Rp. 60.000.000. “Sudah Rp. 30.000.000., yang dicairkan ke mereka,” ucap Rusli.

Program ini dibiayai dengan total Anggaran Rp. 1,9 Miliar lebih.

Untuk pembelian material bangunan rumah, kata dia, para pemilik rumah melalui kesepakatan bersama dengan Ketua Kelompok, memilih 1 toko bahan bangunan. *

error: Content is protected !!