Oleh: Karmil P. Lamadang
PERCEPATAN akreditasi sekolah merupakan langkah strategis untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Beberapa praktik baik telah diidentifikasi untuk mendukung proses ini, yang meliputi pembiayaan mandiri, pendamping dan penggunaan teknologi Informasi.
Pertama, pembiayaan mandiri.
Pembiayaan mandiri menjadi salah satu solusi penting dalam percepatan akreditasi. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan dana yang disediakan pemerintah pusat melalui Badan Akreditasi Nasional. Sehingga Pemerintah Daerah perlu menganggarkan khusus terkait bimbingan teknis terhadap sekolah yang menjadi sasaran visitasi.
Kedua, pendampingan tahapan akreditasi.
Pendampingan Dinas Pendidikan sangat penting untuk mempersiapkan sekolah dalam menghadapi akreditasi. Tahapan pendampingan diantaranya adalah terkait dengan
1). Persiapan yakni mempersipakan dokumen dan materi yang diperlukan.
2) Sosialisasi memberikan pemahaman tentang proses akreditasi kepada satuan yang menjadi sasaran visitasi.
3) Pelaksanaan tahap ini adalah tahapan simulasi dan evaluasi untuk memastikan kesiapan sebelum akreditasi resmi.
Ketiga, penggunaan teknologi informasi.
Penggunaan aplikasi seperti Sistem Penilaian Akreditasi (SISPENA) mempermudah pengumpulan dan pengelolaan data yang diperlukan untuk akreditasi.
Keempat, simulasi dan persiapan kegiatan akreditasi.
Simulasi penilaian akreditasi akreditasi perlu dilakukan sebelum pelaksanaan akreditasi sebenarnya. Hal ini dapat membantu sekolah mengidentifikasi kekurangan dan memperbaiki dokumen serta administrasi yang diperlukan. Hal ini dapat di fasilitasi oleh dinas Pendidikan sebagai penanggung jawab mutu Pendidikan di daerah.
Saat pelaksanaan Rapat Program Akreditasi Badan Akreditasi Nasional Provinsi Sulawesi Tengah yang dilaksanakan pada tanggal 5 Desember 2024, Dinas Kabupaten Parigi Moutong yang di wakili Kasie Bidang Pendidikan Sekolah Dasar.
Menyampaikan bahwa Kabupaten Parigi Moutong yang merupakan daerah yang memiliki satuan Pendidikan mulai dari jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar dan Menengah terbanyak di Provinsi Sulawesi Tengah melalui Dinas Pendidikan telah melakukan Percepatan Akreditasi.
Salah satu strategi dalam percepatan akreditasi di Kabupaten Parigi Moutong adalah peran aktif Dinas Pendidikan dalam memacu dan mendampingi satuan Pendidikan untuk mengikuti proses akreditasi.
Bahkan kata Kasie ibu Masita, S.Sos.,M.Ap bahwa dinas akan memantau dan memanggil secara khusus kepala sekolah yang terkesan tidak peduli dengan akreditasi atau menolak untuk di akreditasi.
Praktik baik yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan Parigi Moutong dalam percepatan akreditasi merupakan tolok ukur keberhasil Pemerintah daerah melalui Dinas Pendidikan dalam memajukan Pendidikan di Indonesia khususnya di Provinsi Sulawesi Tengah. *
Penulis adalah Anggota Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini Sekolah Dasar dan Menengah (BAN-PDM) Provinsi Sulawesi Tengah
Discussion about this post