Olahraga

Amirudin Ketum KONI Banggai, Siapa Ketua Harian, Sekum dan Bendum?

679
×

Amirudin Ketum KONI Banggai, Siapa Ketua Harian, Sekum dan Bendum?

Sebarkan artikel ini
Penulis: Sofyan LaboloSumber Berita

Sugiarto Djanun: Saya ini ibarat benang. Kemana arah jarum, saya tetap mengikut

Suasana Musorkab V KONI Kabupaten Banggai. (Foto: Sofyan Labolo Luwuk Times)

Luwuk Times, Banggai— Jabatan Ketua Umum (Ketum) KONI Banggai berganti. Hasil Musorkab V KONI Banggai, Ketum KONI Banggai periode 2023-2027 terpilih adalah Ir. H. Amirudin. Bupati Banggai ini terpilih secara aklamasi pada momentum empat tahunan tersebut.

Top leader di induk olahraga itu akhirnya terjawab. Kini tentang siapa saja yang akan terakomodir dalam komposisi kepengurusan KONI Banggai selama 4 tahun kedepan masih menjadi teka-teki besar.

Dalam Musorkab yang berlangsung Senin 11 Desember 2023 di aula KONI Banggai siang itu juga memilih tim formatur.

Ada tiga personilnya. Masing-masing Amirudin sebagai Ketum KONI Banggai terpilih, Syarifudin Abas dan Sugiarto Djanun.

Trio ini yang nantinya akan merumuskan komposisi kepengurusan KONI Banggai pasca kepemimpinan H. Muntasar Abd Azis.

Baca: Bupati Amirudin Pimpin KONI Banggai, Begini Komentar Muntasar Abd Azis

Berdasarkan ketentuan yang berlaku di KONI, tim formatur paling lambat 30 hari setelah Musorkab sudah merumuskan struktur kepengurusan. Yang selanjutnya komposisi itu di SK kan oleh KONI Provinsi Sulawesi Tengah.

Namun limit waktu 30 hari itu terlalu panjang. Kemungkinan besar dalam waktu dekat ini komposisi kepengurusan KONI Banggai itu sudah ada.

Baca:  Venue Panjat Tebing belum Rampung, KONI Sulteng Bereaksi

Wacana Jabatan

Ditengah kosentrasinya tim formatur dalam menyusun kepengurusan KONI Banggai periode 2023-2027, berbagai wacana mulai bermunculan.

Syarifudin Abas dipastikan tetap pada posisi Ketua Harian KONI Banggai. Untuk jabatan Sekretaris Umum (Sekum) KONI Banggai, bakal berpindah tangan. Dari yang sebelumnya Rudi Budaya, menguat pada Sugiarto Djanun.

Begitu pula untuk jabatan Bendahara Umum juga terjadi reposisi. Di era Muntasar jabatan itu dihandel Dewi, beralih pada Efendy Syamsul atau biasa disapa Even.

Baca: Pimpin KONI Banggai 2023-2027, Bupati Amirudin: Saya Tidak Gila Jabatan

Kalau pun Sugiarto Djanun naik level menjabat Sekum KONI Banggai, lantas siapa yang akan didorong sebagai Kepala Sekretariat KONI Banggai?

Jawabannya tentu ada pada tim formatur dalam merumuskannya. Termasuk mengisi jabatan pada unsur Wakil Ketua dan Wakil Sekretaris KONI Banggai serta kuantitas dari kepengurusan yang baru. Apakah gemuk atau ramping. Semua tergantung tim formatur

Sekum KONI Banggai

Menguatnya nama Sugiarto Djanun untuk menduduki jabatan Sekum KONI Banggai, bukan tanpa indikator.

Dia merupakan orang lama. Sehingga telah banyak makan asam garam di KONI Banggai. Sugi-sapaannya, mulai berkiprah di KONI Banggai sejak tahun 2006. Kala itu, Ketum KONI Banggai dijabat Ma’mun Amir yang saat ini Wakil Gubernur Sulteng.

Baca:  Digitisasi Wonderful Land Banggai, Menandai Opening Ceremonial Porprov ke IX Sulteng 2022

Terus bertambahnya jumlah Pengurus Kabupaten (Pengkab) di tubuh KONI Banggai dari yang sebelumnya hanya 13 menjadi 30 Pengkab include Bapopsi, tidak lepas dari tangan manis Sugi.

Baca: KONI Sulteng Apresiasi Kepemimpinan Muntasar Abd Azis

Tidak itu saja nilai plus nya. Sugi juga tercatat menjabat jabatan strategis sebagai pengurus harian pada sejumlah cabang olahraga (Cabor). Yakni IPSI, Pobsi, PSTI, Percasi, Paralayang dan Plt Sekretaris Pertina Banggai.

Bagaimana respon Sugi terhadap wacana naik pangkat tersebut?

Ditemui di Sekretariat KONI Banggai, Kamis (14/12/2023), Sugi mengaku tidak punya ambisi besar untuk menduduki jabatan Sekum KONI Banggai.

Bagi dia, menjabat sebagai Kepala Sekretariat KONI Banggai sudah lebih dari cukup.

“Saya belum berpikir ke arah itu (jabatan Sekum KONI Banggai),” katanya.

“Saya ini ibarat benang. Kemana arah jarum, saya tetap mengikut,” tambah Sugi memberi ilustrasi. *

yan

error: Content is protected !!