Info Mining KFM

Berbuah Hasil, Kelompok Ternak Binaan Comdev PT. KFM Mulai Panen Ayam Petelur

471
×

Berbuah Hasil, Kelompok Ternak Binaan Comdev PT. KFM Mulai Panen Ayam Petelur

Sebarkan artikel ini
Panen perdana kelompok ternak Harapan Baru Desa Koninis, pendampingan Comdev PT. Koninis Fajar Mineral, Rabu (15/02/2023). (Foto : IST)

Luwuk Times – Masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Ternak Binaan Comdev PT Koninis Fajar Mineral (KFM) untuk pertama kali memanen hasil usaha produktif yang mereka jalankan.

Salah satunya sektor peternakan ayam petelur yang ada di Desa Koninis, Kecamatan Simpang Raya, Kabupaten Banggai.

Pendampingan yang di lakukan tim Comdev PT KFM pada kelompok peternak ayam petelur “Harapan Baru” kini membuahkan hasil dan telah panen pada Rabu, (15/03/2023).

Keberhasilan usaha ayam petelur inipun mendapat respon positif dan apresiasi dari Kepala Desa (Kades) Koninis Rudianto Ma,atu.

Dia mengatakan bahwa di desanya terdapat kelompok peternak ayam petelur merupakan binaan Comdev PT KFM.

Usaha peternakan ayam petelur ini kata dia, adalah kerjasama Pemdes Koninis dengan PT KFM melalui Community Development (Comdev).

Baca:  Komitmen Bayar Pajak Hotel dan Restoran, Ini Daftar Perusahaan Peraih Penghargaan Bupati Banggai

“Jadi kita (desa) ajukan proposal dan realisasinya berupa program bukan tunai,” terangnya.

Rudi menuturkan mulai dari pembibitan dengan ketersediaan kurang lebih 500 ekor bibit ayam petelur pada akhir tahun 2022 hingga metode peternakan dan akhirnya bisa panen semuanya lewat bantuan dan pendampingan Comdev PT KFM.

“Kalau misalnya program ini di anggarkan lewat anggaran pemerintah atau dana desa mungkin nilainya besar sekali,” sebutnya.

Dirinya yang baru 3 bulan bertugas sebagai kades mengaku selain sektor peternakan ada juga kelompok pertanian yang telah ada di jaman kades sebelumnya yang juga binaan Comdev PT KFM.

Baca:  100 Warga Palang Kantor Desa Koninis Simpang Raya Kabupaten Banggai

Bahkan untuk mengakomodir permintaan, yang meminta memasukan proposal, dia mengaku akan melihat dulu apa yang nantinya akan di usulkan masyarakatnya.

Lewat peran Community Development (Comdev) PT KFM di koordinir Triwidy Kuncoro terus bersinergi dan bekerjasama dengan pemerintah desa serta masyarakat dengan menyasar berbagai sektor usaha kerakyatan.

Hal tersebut sebagai bentuk tanggung jawab sosial dalam berkontribusi membantu negara mensukseskan pembangunan dan kesejahteraan sosial melalui investasi di sektor pengelolaan sumber daya alam (SDA) secara suistinable dan bertanggung jawab.

PT. KFM terus mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat melalui program pemberdayaan di 5 (lima) desa lingkar tambang. *