Banggai

DKISP Banggai Gelar Bimtek Peningkatan Kapasitas Penggunaan Aplikasi Romantik dan Penginputan DSSD

505
×

DKISP Banggai Gelar Bimtek Peningkatan Kapasitas Penggunaan Aplikasi Romantik dan Penginputan DSSD

Sebarkan artikel ini
Penulis: DKISP BanggaiEditor: Sofyan Labolo
DKISP Banggai menggelar Bimtek Peningkatan Kapasitas Penggunaan Aplikasi Romantik dan Penginputan Data Statistik Sektoral Daerah (DSSD) pada E-Walidata SIPD RI, Kamis (30/11/2023). (Foto: DKISP Banggai)

Luwuk Times, Banggai — Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Banggai menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Penggunaan Aplikasi Romantik dan Penginputan Data Statistik Sektoral Daerah (DSSD) pada E-Walidata SIPD RI, Kamis (30/11/2023).

Kegiatan yang berlangsung di Hotel Swiss Bellin Luwuk itu dibuka Bupati Banggai yang diwakili Analis Kebijakan Ahli Utama, Dr. Ir. Ansar Maeta, MM.

Bupati Banggai dalam sambutan tertulisnya, yang dibacakan Ansar Maeta mengucapkan terima kasih kepada Dr. Ucup Hidayat, S.Si., MM sebagai Narasumber yang merupakan Analis Kebijakan Ahli Madya Ditjen Binabangda Kemendagri RI.

“Data statistik mempunyai peranan yang sangat penting dalam pembangunan, sebab data statistik dapat digunakan untik mengetahui kecenderungan/trend yang akan terjadi pada masa mendatang,” tuturnya.

Baca:  Moh. Arapip, Pasien Penderita Hidrocepalus Dirujuk ke Palu

Berdasarkan penuturannya, Pemerintah telah menerbitkan Perpres Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia, yang didasari oleh dorongan atas kebutihan terhadap data yang valid dan akuntabel, termasuk dalam pembangunan yang membutuhkan data-data akurat agar hasil pembangunan tepat sasaran.

“Sehingga dalam penyusunan perencanaan pembangunan daerah, selain data-data yang bersumber dari BPS diperlukan juga data-data dari masing-masing perangkat daerah yang mengurusi statistik sektoral,” ujarnya.

Ia menjelaskan, perangkat daerah memegang peranan penting sebagai subjek pembangunan, yang juga menjadi basis sumber daya manusia dan sumber daya alam yang perlu diberdayakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Olehnya itu, penyelenggaraan statistik sektoral dan norma dalam sistem statistik nasional, menjadi sebuah hal penting untuk dilakukan, sehingganya itu saya harapkan kepada instansi terkait dapat bersinergi dan berkolaborasi dalam melaksanakan kegiatan statistik sektoral,” jelasnya.

Baca:  Kesbangpol Gelar Raker Forum Pembauran Kebangsaan

Ia juga menegaskan bahwa bimtek ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kualitas data lintas sektoral yang lebih kredibel dan dapat di pertanggungjawabkan.

“Pemerintah Kabupaten Banggai sangat mendukung kegiatan ini, karena dengan adanya penginputan data, tentunya data-data sektoral OPD terhimpun dalam SIPD dan akan terkoneksi langsung pada Kementrian Dalam Negeri,” ucapnya.

E-Walidata SIPD RI menjadi platform penting dalam pengumpulan dan pengelolaan data statistik sektoral, yang akan mendukung perencanaan dan pengambilan keputusan di tingkat daerah.

Pemerintah Kabupaten Banggai berkomitmen untuk terus meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dan pemanfaatan teknologi guna mendukung efektivitas pembangunan di semua sektor. *

error: Content is protected !!