Tips

Gatal di Sela Jari Tangan, Inilah 6 Penyebab dan Cara Menanganinya

409
×

Gatal di Sela Jari Tangan, Inilah 6 Penyebab dan Cara Menanganinya

Sebarkan artikel ini
Editor: Sofyan Labolo
Gatal disela jari tangan inilah 6 penyebab dan caramenanganinya. (Foto: alodokter.com)

GATAL di sela jari tangan bisa menjadi keluhan yang sangat mengganggu. Meski terkesan ringan, kondisi ini sebaiknya tidak dianggap sepele sebab gatal di sela jari tangan bisa menjadi pertanda adanya gangguan kesehatan.

Gatal adalah sensasi tidak nyaman yang membuat Anda ingin terus-menerus menggaruk. Sensasi ini dapat dialami oleh siapa saja dan bisa menyerang hampir semua bagian tubuh, salah satunya di sela jari tangan.

Salah satu penyebab munculnya gatal di sela jari tangan adalah tangan yang kering.

Pada kondisi ini, rasa gatal yang terjadi umumnya tergolong ringan dan bisa mereda dengan cepat.

Namun, jika disebabkan oleh kondisi kesehatan tertentu, misalnya psoriasis, gatal di sela jari tangan bisa terjadi kambuhan.

Penyebab Gatal di Sela Jari Tangan

Gatal di sela jari tangan dapat disertai ruam kulit. Jika sudah disertai ruam, biasanya rasa gatal tersebut bukan lagi sekadar karena kurangnya kelembapan pada tangan, melainkan disebabkan oleh beberapa kondisi, seperti:

1. Kudis

Gatal di sela jari tangan dapat dipicu oleh kudis atau scabies. Kudis terjadi ketika tungau Sarcoptes scabei bersarang dan bertelur di bawah permukaan kulit, termasuk kulit di sela jari. Keberadaan tungau tersebut akan mengakibatkan terbentuknya benjolan di permukaan kulit yang terasa sangat gatal, terutama pada malam hari.

2. Eksim dishidrotik

Penyebab eksim dishidrotik atau pompholyx sampai saat ini masih belum diketahui. Meski begitu, ada beberapa faktor yang diduga memicu timbulnya penyakit ini, yaitu paparan logam tertentu, reaksi kekebalan tubuh terhadap alergi, dan kondisi tangan yang lembap.

Eksim dishidrotik ditandai dengan munculnya ruam lepuh yang terasa gatal dan panas pada area kaki dan tangan. Bila terjadi di tangan, terutama di sela jari, eksim dishidrotik bisa menimbulkan sensasi gatal di sela jari tangan.

Baca:  Kelebihan Balsam untuk Meredakan Batuk Pilek

3. Tinea manum

Penyebab lain dari gatal di sela jari tangan adalah tinea manum atau kurap di tangan. Tinea manum merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur. Gejala infeksi ini biasanya diawali dengan munculnya bercak bulat berwarna kemerahan dan gatal pada kulit tangan atau sela-sela jari.

Tinea manum dapat menular melalui kontak dengan penderita infeksi tersebut. Selain itu, jamur penyebab tinea manum juga bisa menyebar di berbagai tempat yang lembap, seperti kamar mandi atau kolam renang.

4. Dermatitis kontak

Dermatitis kontak bisa menjadi penyebab munculnya sensasi gatal di sela jari tangan. Dermatitis kontak terjadi ketika kulit mengalami reaksi alergi setelah terpapar zat pemicu alergi, seperti makanan atau minuman tertentu, obat-obatan, hingga bahan kimia dalam kosmetik, parfum, atau deterjen.

Dermatitis kontak dapat menyerang bagian kulit mana pun, salah satunya kulit di sela jari. Tak hanya menimbulkan sensasi gatal yang tidak nyaman, dermatitis kontak juga bisa memicu timbulnya ruam dan iritasi kulit.

5. Psoriasis

Gatal di sela jari tangan juga bisa menjadi gejala dari psoriasis, yaitu kondisi peradangan pada kulit yang diduga terjadi akibat gangguan sistem kekebalan tubuh. Psoriasis dapat menyebabkan kulit menebal, bersisik, mudah mengelupas, dan terasa sangat gatal.

Meski psoriasis umumnya menyerang kulit siku dan lutut, peradangan pada kulit ini juga bisa muncul di tangan serta sela-sela jari dan menimbulkan sensasi gatal yang cukup parah.

6. Neuropati perifer diabetik

Pada penderita diabetes, neuropati perifer atau rusaknya sistem saraf tepi dapat terjadi akibat tingginya kadar gula darah di dalam tubuh. Kondisi ini termasuk dalam komplikasi diabetes yang perlu diwaspadai.

Rusaknya sistem saraf tepi akibat diabetes paling sering terjadi di tungkai dan kaki. Namun, kerusakan juga bisa menyerang saraf tepi di area tangan. Bila hal itu terjadi, penderita diabetes mungkin akan merasakan beberapa gejala seperti nyeri, kesemutan, hingga gatal di sela jari tangan.

Baca:  Enam Cara Menghilangkan Kerak Gigi yang Efektif

Cara Menangani Gatal di Sela Jari Tangan

Munculnya gatal di sela jari tangan yang disebabkan oleh kurangnya kelembapan pada tangan dapat diatasi dengan menggunakan pelembap dalam bentuk krim atau losion tangan. Penggunaan losion akan membuat telapak tangan Anda menjadi lembap sehingga gatal dapat menghilang.

Namun, jika sensasi gatal terjadi karena gangguan kesehatan lainnya, cara menangani gatal di sela jari tangan harus dilakukan sesuai dengan kondisi yang mendasarinya.

Bila terjadi akibat kudis, gatal di sela jari tangan dapat diatasi menggunakan obat scabies. Krim antijamur bisa digunakan pada gatal yang disebabkan oleh tinea manum. Sementara itu, krim antigatal berfungsi untuk meredakan efek gatal karena dermatitis kontak.

Obat antiradang seperti kortikosteroid dalam bentuk salep dapat digunakan untuk meringankan gatal di sela jari tangan yang disebabkan oleh eksim dishidrotik, psoriasis, dan neuropati perifer diabetik. Obat tersebut bisa langsung dioleskan ke sela jari tangan agar gatal berkurang.

Untuk mencegah gatal di sela jari tangan datang kembali, ada langkah sederhana yang bisa dilakukan.

Anda disarankan untuk minum banyak air putih agar kelembapan kulit tetap terjaga dan menggunakan sabun atau losion tanpa aroma untuk menghindari paparan zat kimia yang terkandung di dalamnya.

Jika berbagai pengobatan dan langkah sederhana di atas sudah Anda lakukan tetapi gatal di sela jari tetap muncul hingga mengganggu produktivitas, segeralah konsultasikan kepada dokter.

Dokter akan melakukan pemeriksaan dan memberikan penanganan yang tepat agar gatal bisa hilang. *

Baca: Benarkah Minum setelah Makan Tidak Baik untuk Kesehatan?

alodokter.com

error: Content is protected !!