Tips

Ini Delapan Manfaat dari Biji Pepaya yang Jarang Diketahui Publik

143
×

Ini Delapan Manfaat dari Biji Pepaya yang Jarang Diketahui Publik

Sebarkan artikel ini
Editor: Sofyan Labolo
Biji pepaya

TIDAK hanya daging buahnya, manfaat biji pepaya juga tidak kalah banyak, lho. Ini karena biji pepaya mengandung berbagai nutrisi yang mampu menjaga kesehatan tubuh dan mencegah berbagai macam penyakit, mulai dari sembelit hingga kanker.

Pepaya adalah buah yang tumbuh di iklim tropis, seperti Indonesia. Selain rasanya yang segar dan teksturnya yang lembut, buah ini juga punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, seperti menjaga kesehatan saluran cerna dan mencegah penyakit jantung.

Selain daging buahnya, bagian biji pepaya ternyata juga bisa dimakan, lho. Meski rasanya sedikit pahit, biji buah ini sebenarnya kaya akan nutrisi. Nutrisi inilah yang dapat mendatangkan banyak manfaat biji pepaya untuk kesehatan.

Manfaat Biji Pepaya yang Harus Kamu Tahu

Biji pepaya mengandung protein, lemak sehat, vitamin, mineral, dan aneka jenis antioksidan, seperti polifenol dan flavonoid. Selain itu, biji buah yang satu ini juga mengandung zat yang bersifat antiradang dan antibakteri. Berkat berbagai kandungan inilah, biji pepaya jadi bermanfaat bagi kesehatan.

Baca:  10 Manfaat Minum Air Putih untuk Kesehatan

Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat biji pepaya untuk kesehatan:

1. Mencegah sembelit

Biji pepaya mengandung serat, baik serat larut maupun tidak larut, yang baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Serat ini dapat menjaga pencernaan tetap lancar serta menjaga tekstur tinja agar lebih padat dan lembut, sehingga mudah dikeluarkan saat BAB.

Nah, dengan sistem pencernaan yang sehat, kamu juga bisa terhindar dari masalah pencernaan, termasuk sembelit.

2. Mengatasi infeksi

Selain kaya serat, biji pepaya juga mengandung zat yang memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antiparasit. Kandungan ini diyakini bisa mencegah pertumbuhan kuman dan jamur penyebab infeksi di dalam sistem pencernaan.

Biji pepaya juga telah digunakan secara tradisional di beberapa negara, seperti Malaysia dan India, untuk mengatasi diare. Meski begitu, efektivitas dan manfaat biji pepaya ini masih perlu diteliti lebih lanjut. Jika Anda ingin mengobati penyakit infeksi dengan biji pepaya, sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu, ya.

Baca:  Ciri-Ciri dan Penanganan Bintik Demam Berdarah

3. Meningkatkan imunitas tubuh

Biji arasi mengandung aneka vitamin dan mineral, mulai dari vitamin A, vitamin C, zat besi, zinc, magnesium, dan fosfor. Aneka nutrisi tersebut bermanfaat untuk menjaga imunitas tubuh tetap kuat. Dengan begitu, kamu lebih jarang sakit karena tubuh lebih kuat melawan kuman, arasite, dan jamur penyebab infeksi.

4. Menurunkan kadar kolesterol

Dalam biji pepaya terdapat asam oleat yang merupakan asam lemak tak jenuh tunggal. Lemak ini tergolong sebagai jenis lemak sehat yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh. Dengan terkontrolnya kadar kolesterol jahat, tubuh akan terhindar dari penyakit berbahaya, misalnya serangan jantung dan stroke.

error: Content is protected !!