Tips

Mata Sakit Saat Berkedip, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

130
×

Mata Sakit Saat Berkedip, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi mata sakit

MATA sakit saat berkedip bisa menjadi keluhan yang cukup mengganggu. Biasanya, keluhan tersebut muncul pada orang yang mengalami bintitan. Namun, sakit yang muncul ketika berkedip juga bisa menjadi tanda adanya gangguan pada mata.

Berkedip merupakan refleks alami yang dilakukan oleh tubuh untuk melumasi mata agar kelembapannya tetap terjaga dan terhindar dari iritasi. Pada kondisi normal, berkedip tidak akan terasa apapun, bahkan Anda tidak akan menyadarinya karena hal tersebut terjadi secara otomatis.

Namun, rasa sakit mungkin saja muncul ketika berkedip dan menjadi tanda bahwa Anda mengalami gangguan pada mata. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengetahui berbagai penyebab mata sakit saat berkedip agar keluhan ini dapat teratasi dengan baik.

Berbagai Penyebab Mata Sakit Saat Berkedip

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, keluhan mata sakit saat berkedip biasanya muncul pada orang yang mengalami bintitan. Meski begitu, terdapat beberapa kondisi lain yang juga bisa memicu timbulnya keluhan.

Baca:  Ciri-Ciri dan Penanganan Bintik Demam Berdarah

Berikut ini adalah penjelasan mengenai berbagai penyebab mata sakit saat berkedip yang perlu Anda ketahui:

1. Bintitan

Bintitan terjadi akibat penyumbatan kelenjar minyak dan infeksi bakteri di bagian akar bulu mata. Infeksi tersebut akan memicu timbulnya benjolan kecil mirip jerawat atau bisul di kelopak mata. Karena lokasi kemunculannya inilah, bintitan bisa menyebabkan mata sakit saat berkedip dan menimbulkan rasa tidak nyaman di mata.

2. Mata kering

Mata kering atau sindrom mata kering dapat terjadi ketika air mata yang dihasilkan kelenjar air mata tidak cukup untuk melindungi sekaligus melembapkan permukaan mata. Saat mengalami kondisi ini, Anda mungkin saja akan merasa sakit ketika berkedip yang disertai dengan rasa seperti ada sesuatu yang mengganjal di mata.

Baca:  Tekanan Darah Normal Orang Dewasa dan Cara Mempertahankannya

Tak hanya itu, mata kering juga akan membuat mata Anda menjadi merah, gatal, perih, bahkan bisa mengakibatkan penglihatan menjadi kabur.

3. Konjungtivitis alergi

Bila keluhan mata sakit saat berkedip disertai dengan mata gatal, merah, dan berair, bisa saja penyebabnya adalah konjungtivitis alergi. Seperti namanya, kondisi ini terjadi akibat paparan zat pemicu alergi (alergen) berupa debu, serbuk sari, bulu hewan peliharaan, atau berbagai bahan yang terkandung dalam detergen dan parfum.

Paparan berbagai zat tersebut bisa membuat mata menjadi iritasi, gatal, dan kemerahan. Selain itu, konjungtivitis alergi juga akan memicu timbulnya rasa sakit dan nyeri serta rasa seperti ada yang mengganjal ketika Anda mengedipkan mata.

error: Content is protected !!