Kecamatan

I Wayan Budiarso Terpilih Ketua Harian MGPSSR Banggai

344
×

I Wayan Budiarso Terpilih Ketua Harian MGPSSR Banggai

Sebarkan artikel ini
Penulis: Sofyan LaboloSumber Berita
I Wayan Budiarso terpilih sekaligus mendapat amanah sebagai Ketua Harian Mahagotra Pasek Sanak Sapta RSI (MGPSSR) Kabupaten Banggai periode 2023-2028.

Luwuk Times, Banggai— I Wayan Budiarso terpilih sekaligus mendapat amanah sebagai Ketua Harian Mahagotra Pasek Sanak Sapta RSI (MGPSSR) Kabupaten Banggai periode 2023-2028.

Pada upacara pejayan jayan atau pelantikan secara niskala/rohani, Sabtu (02/12/2023) bertempat di Pura Panca Tirta Dalam Segara Menuh Kecamatan Batui Selatan Kabupaten Banggai itu turut dihadiri Ketua Umum MGPSSR Ida Pandita Mpu Jaya Brahmananda, Prof. Dr. Ir. Pitana, M.Si

Termasuk hadir pula pada upacara itu, Bupati Banggai H. Amirudin, Ketua DPRD Banggai Suprapto dan sejumlah ormas Hindu seprti PHDI, KMHDI dan penyelenggara Hindu Kabupaten Banggai (Kakamenag).

Selain itu para Ketua Pasek dan pemangku dari Kecamatan Nuhon, Simpang Raya, Masama, Luwuk, Batui Selatan, Toili, Toili Jaya dan Toili Barat.

Ketum MGPSSR Pusat dalam sambutannya mengatakan, di Bali sebanyak 28 Klan Keluarga. Dan salah satunya adalah klan Pasek, dengan nama organisasi MGPSSR.

Prof Dr Ir Pitana menambahkan, kehadiran MGPSSR sejak tahun 1952, bukan untuk mengkotak kotakkan.

Baca:  Pemdes Lambangan Salurkan BLT, Per KK Dijatah Rp300 Ribu

Tapi ia mengibaratkan seperti kelopak bunga teratai Pasek adalah salah satu kelopak yang indah, untuk semakina mengindahkan mekarnya teratai.

Dan kehadiran MGPSSR di Kabupaten Banggai sambung Prof Dr Ir Pitana, membawa visi misi yang sama, yakni keluarga besar MGPSSR agar semkin taat terhadap leluhur.

“Jika sudah taat terahdap bhisama atau perintah wajib leluhur niscaya warga Pasek semakin taat terhadap kewajiban bernegara, terkhusus menjadi warga di Banggai yang selalu bersinergi dalam segala bidang,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Banggai H. Amirudin dalam sambutannya mengapresiasi dengan telah dikukuhkannya MGPSSR Kabupaten Banggai masa bakti 2023-2028.

Termasuk Bupati mengapresiasi dengan terpilihnya I Wayan Budiarso sebagai sebgai Ketua Harian.

“Selamat kepada seluruh pengurus. Dan saya mengajak untuk membangun sinergi di semua lini guna memajukan Kabupaten Banggai,” pesan Bupati Banggai.

Perintah Leluhur

I Wayan Budiarso terpilih sekaligus mendapat amanah sebagai Ketua Harian Mahagotra Pasek Sanak Sapta RSI (MGPSSR) Kabupaten Banggai periode 2023-2028.

Ketua Harian MGPSSR Kabupaten Banggai I Wayan Budiarso merupakan kader aktif salah satu partai politik (parpol) di Kabupaten Banggai.

Baca:  Jenazah Nakes Terpapar Covid-19 Dikebumikan

Terkait dengan itu, I Wayan Budiarso memberi komentar kepada Luwuk Times, Rabu (06/12/2023).

Kata I Wayan Budiarso, ini adalah tugas mulia. Sebab menjadi bagian dari perintah leluhur. Tentu saja ia mempertegas, akan lebih kosentrasi mengabdi di MGPSSR.

Dan I Wayan Budiarso mengaku, sudah meminta izin kepada ketua partainya, terkait dengan sikap lebih memilih dalam menjalankan organisasi MGPSSR.

“Tentu saya harus mengikuti apa yang menjadi amanah dari AD ART MGPSSR,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, ia menghimbau kepada seluruh warga Pasek di Banggai untuk menjaga pesta demokrasi ini.

“Mari kita jaga Banggai untuk aman dan jaya,” ucapnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh kalangan yang sudah membantu kegiatan ini. Sehingga terlaksana dengan baik.

“Terima kasih juga atas kehadiran Ketum MGPSSR, Bupati Banggai dan Ketua DPRD. Teristimewa kehadiran umat dari agama sahabat yang hadir dalam upacara keluarga Pasek kami. Terima kasih kami haturkan,” kata I Wayan Budiarso. *

error: Content is protected !!