Banggai

Kadis Kominfo Banggai Hadiri Rakor Kesiapan Digital untuk Wilayah Pembangunan BTS dan AI

1944
×

Kadis Kominfo Banggai Hadiri Rakor Kesiapan Digital untuk Wilayah Pembangunan BTS dan AI

Sebarkan artikel ini
Penulis: DKISP BanggaiEditor: Sofyan Labolo
Kadis Kominfo Banggai Lesmana P. Kulab menghadiri rakor kesiapan digital untuk wilayah pembangunan BTS dan AI, di Lembaga Pengembangan Ilmu dan Teknologi ITB, Senin (4/12/2023). (Foto: DKISP Banggai)

Luwuk Times, Banggai— Mewakili Bupati Banggai, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik & Persandian Kabupaten Banggai, Lesmana P. Kulab, S.Kom, menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) kesiapan digital untuk wilayah pembangunan Base Transceiver Station (BTS) dan Akses Internet (AI) BAKTI KOMINFO, Senin (4/12/2023) di Lembaga Pengembangan Ilmu dan Teknologi ITB.

Rakor ini merupakan tindak lanjut kegiatan survey ke daerah 3T untuk pemaparan hasil laporan pendahuluan dan hasil kegiatan survey,

Menanggapi laporan survei ITB, Kadis Kominfo Banggai menyatakan pemerintah daerah telah aktif mendorong transformasi digital di Kabupaten Banggai untuk mengubah kebiasaan masyarakat dalam menggunakan layanan digital secara maksimal.

“Kepala Daerah mendorong transformasi digital di Kota Luwuk untuk merubah kebiasan masyarakat dalam menggunakan layanan digital secara maksimal,” ujar Kadis Kominfo Banggai.

Baca:  NasDem Banggai Target 2 Kursi di Dapil 3, Sukri Djalumang: Pendukung Saya Makin Solid

Hal ini berdasarkan dengan peningkatan aksesibilitas internet di area publik, khususnya pada area Kota Luwuk yang mencapai 8000 user per harinya.

“Pemerintah daerah sudah memasang free wifi hampir di semua area publik. Dan kalau saya pantau harian, usernya mencapai 8000 user perhari,” jelas Lesmana.

Hal ini menunjukan kemajuan signifikan dalam peningkatan akses internet dalam dua tahun terakhir. Dan Kabupaten Banggai berhasil mengurangi titik blank spot dari 121 titik pada tahun 2021 menjadi hanya 34 titik saat ini.

Baca:  Buang Sampah di Laut, KUPP Luwuk Panggil Pemilik Kapal di Pelra
(Foto: DKISP Banggai untuk Luwuk Times)

Meskipun demikian, Kadis Kominfo Banggai mengakui masih ada tantangan yang perlu diatasi, terutama terkait aksesibilitas internet.

“Kami masih memiliki 34 titik blank spot, serta 188 desa dan kelurahan yang belum mendapatkan akses internet, terkhususnya dari IndiHome,” ungkap kadis Kominfo.

Dalam upayanya untuk terus meningkatkan ketersediaan akses internet, Lesmana mengharapkan dukungan lebih lanjut oleh BAKTI.

“Kami berharap bantuan dari teman teman BAKTI, baik membangun BTS dari BAKTI atau mendorong provider untuk membangun,” ujar Lesmana.

Kontribusi bersama diharapkan dapat membawa perubahan positif dalam memperluas jangkauan konektivitas 4G, mengurangi blank spot, dan memperkuat infrastruktur TIK di Kabupaten Banggai. *

error: Content is protected !!