Close ADS

Pemilu 2024

Kantongi Raport Merah, Petahana Komisioner KPU Banggai Enggan Berkomentar

342
×

Kantongi Raport Merah, Petahana Komisioner KPU Banggai Enggan Berkomentar

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi

Luwuk Times — Seleksi komisioner KPU Banggai kembali dibuka. Berdasarkan jadwal rekrutmen, tanggal 15 April 2023 mendatang, masuk tahapan tes psikologi yang dilaksanakan di Kota Palu.

Empat petahana komisioner KPU Bangggai kembali ikut dalam seleksi itu. Terkecuali Alwin Palalo yang saat ini masuk 10 besar seleksi komisioner KPU Sulteng.

Karena itu, para komisioner petahana KPU Banggai yang ikut seleksi tersisa Zaidul Bahri Mokoagow, Atriani, Makmur Manesa, dan Supriyadi Lawani.

Para komisioner petahana KPU Banggai beberapa kali mendapat sorotan publik di Kabupaten Banggai.

Baca:  Gugatan Winstar Diterima MK, Dua Komisioner KPU Ikut Rakor PHP

Pertama kali pada pemilihan legislatif (Pileg) tahun 2019.

Saat itu, terjadi keterlambatan dalam proses distribusi kertas suara ke sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di yang tersebar di beberapa kecamatan Kabupaten Banggai.

Kedua, pada pemekaran daerah pemilihan (Dapil) dan renacana penamahan kursi untuk Pemilu tahun 2024. KPU Banggai telah melaksanakan sosialisasi.

Hanya saja, setelah Peraturan KPU Nomor 6 Tahun 2023 terbit, jumlah Dapil dan kursi tidak bertambah. Dapil 1 justru berkurang dari 10 kursi menjadi 9 kursi.

Baca:  Sambangi Bali Mang, Andhika Mayrizal Amir Dapat Bekal Politik Nyalon DPD RI

Sementara Dapil 4 justru bertambah 1 kursi, yakni dari 11 kursi pada Pemilu 2019 menjadi 12 kursi pada Pemilu tahun 2024 mendatang.

Di sisi lain, sosialisasi penambahan Dapil dan kursi yang dilakukan oleh KPU Banggai menggunakan anggaran negara, tetapi justru gagal.

Komisioner KPU Banggai Makmur Manesa menolak menanggapi 2 hal itu yang menjadi sorotan publik itu.

“Saya tidak beri komentar karena saya juga peserta,” kata Makmur via telepon pada Minggu (09/04/2023). * Asn