IKLAN
Parpol

Mengenal Ramli Mbani, Caleg Terpilih DPRD Banggai Partai Golkar Peraih Suara Terkecil

1367
×

Mengenal Ramli Mbani, Caleg Terpilih DPRD Banggai Partai Golkar Peraih Suara Terkecil

Sebarkan artikel ini
Penulis: Sofyan Labolo
Ramli Mbani. (Foto: dokumentasi pribadi)

Luwuk Times.ID — Dari 35 caleg DPRD Banggai terpilih periode 2024-2029, Ramli Mbani tercatat sebagai peraih suara terkecil. Berkompetisi di daerah pemilihan (dapil) II Banggai, caleg Partai Golkar ini hanya memperoleh 364 suara.

Ibarat mendapat durian runtuh. Meski mengoleksi suara paling ‘mini’, namun Ramli Mbani dipastikan melenggang mulus ke parlemen lalong (sebutan DPRD Banggai).

Di dapil yang mencakup Kecamatan Pagimana, Lobu, Bualemo, Bunta, Nuhon dan Simpang Raya ini, Partai Golkar memborong kursi.

Ada lima caleg terpilih di dapil yang menjatahkan 10 kursi tersebut.

Kelima kader beringin itu adalah Irwanto Kulap 8.080 suara, Indry Azis 7.597, Lisa Sundari 4.573 suara, Su’dan Latjeno 1.911 suara dan Ramli Mbani 364 suara.

Politisi Senior

Ramli Mbani bukan lah pendatang baru di kanca perpolitikan Kabupaten Banggai.

Akan tetapi pria kelahiran Desa Jayabakti Kecamatan Pagimana 29 Juni 1961 ini termasuk politisi senior Kabupaten Banggai.

Alumni Institut Keguruan dan Pendidikan Ilmu Tinggi Manado tahun 1989 ini pernah menjadi wakil rakyat.

Baca:  Dua Politisi Dapil II Pimpin Badan Kehormatan DPRD Banggai

Lewat Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Ramli Mbani mengawali karir politiknya.

Ia pernah menjadi legislator lalong selama 2 periode, yakni 1999-2004 dan 2004-2009. Bahkan ia sempat naik level, menjadi anggota DPRD Sulteng periode 2009-2014.

Di lembaga legislatif, baik DPRD kabupaten maupun DPRD provinsi, Ramli Mbani pernah memegang sejumlah jabatan strategis.

Selama dua periode di DPRD Banggai, ia masuk dalam panitia anggaran (saat ini badan anggaran) dan panitia musyawarah (saat ini badan musyarah).

Pada periode kedua di DPRD Banggai, Ramli dipercayakan sebagai Wakil Ketua Komisi III serta pernah menjabat sebagai Sekretaris Fraksi PPP DPRD Banggai selama dua periode.

DPRD Sulteng

Begitu pula di DPRD Sulteng. Selain pernah masuk dalam Badan Musyawarah, ia juga mendapat kepercayaan sebagai Sekretaris Fraksi PPP-PAN dan Sekretaris Badan Kehormatan DPRD Provinsi Sulteng.

Kejayaan PPP di masa itu tidak lepas dari tangan dingin Ramli Mbani. Itu karena ia mendapat kepercayaan sebagai penggerak roda organisasi partai.

Baca:  Kalahkan PDIP di Kursi ke 10 Dapil II Banggai, Ramli Mbani dapat Tiket ke Parlemen Lalong

Tahun 2009-2001 ia menjabat sebagai Wakil Sekretaris DPC PPP Kabupaten Banggai. Tahun 2001-2009 Sekretaris DPC PPP Kabupaten Banggai. Dan tahun 2009-2014 Sekretaris DPW PPP Sulteng.

Sementara di luar dari kegiatan dewan, tahun 2011 Ramli Mbani tergabung dalam Tim Pemekaran Provinsi Sulawesi Timur diketuai Yus Mangun, yang sebelumnya jabatan itu diemban oleh Basri Sono.

Cukup lama Ramli Mbani tak berpolitik. Pasca tak lagi menjabat sebagai anggota DPRD Sulteng, Ramli Mbani memilih ber wiraswasta.

Delapan tahun kemudian, Ramli Mbani kembali ke dunia nya. Ia bergabung dengan Partai Golkar.

“Saya bergabung dengan Partai Golkar akhir Februari 2022,” kata Ramli Mbani kepada Luwuk Times, Jumat (12/04/2024). *

Baca: Berbagi Takjil, Puluhan Anak Yatim di Luwuk Kirim Doa untuk KPPG Banggai

error: Content is protected !!