Banggai

MTQ ke 42 Tingkat Kabupaten Banggai Diikuti 430 Peserta

442
×

MTQ ke 42 Tingkat Kabupaten Banggai Diikuti 430 Peserta

Sebarkan artikel ini
Penulis: DKISP BanggaiEditor: Sofyan Labolo
Bupati Banggai Amirudin membuka MTQ ke 24 tingkat Kabupaten Banggai di Kecamatan Simpang Raya, Sabtu (11/11/2023) malam. (Foto: DKISP Banggai)

Luwuk Times, Banggai— Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin, MM, AIFO membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 42 tingkat Kabupaten Banggai tahun 2023 di Lapangan Sumber Mulya Kecamatan Simpang Raya, Sabtu (11/11/2023).

MTQ yang mulai 11 sampai 17 November 2023 ini melibatkan 24 kafilah dari seluruh kecamatan di Kabupaten Banggai, dengan menghadirkan 430 peserta.

Dengan jumlah peserta yang impresif, para peserta berbakat tersebut akan menunjukkan kepiawaian mereka dalam 10 cabang yang dilombakan.

Dalam sambutan Bupati Banggai, ia berharap kegiatan ini tidak hanya sebagai lomba mencari qori-qoriah dan hafidz-hafidzah terbaik.

Melainkan juga sebagai upaya konkret untuk memperkaya pemahaman dan aplikasi nilai-nilai Alquran dalam kehidupan sehari-hari.

Baca:  Disnakkeswan Lemah Soal Realisasi Belanja Barang

“Musabaqah Tilawatil Quran ini, bukanlah hanya sekedar lomba untuk mencari qori qoriah dan hafidz hafidzah terbaik. Akan tetapi adalah suatu upaya konkrit umat Islam untuk menggali nilai nilai luhur yang terkandung di dalam alquran agar dapat dijadikan sebagai pedoman hidup,” ujar Bupati Banggai.

Dengan partisipasi seluruh lapisan masyarakat, ia berharap MTQ akan menjadi pendorong bagi individu-individu untuk lebih mendalami dan memahami nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Alquran.

“Melalui kegiatan MTQ tingkat Kabupaten Banggai yang ke 42 tahun 2023 ini, saya berharap kiranya dapat bisa menumbuhkan spirit dan energi bagi seluruh lapisan masyarakat untuk bisa mengamalkan isi kandungan alquran,” jelas Amirudin.

Baca:  Peringatan Paskah Nasional Dipusatkan di Luwuk Banggai

Menutup sambutannya, Amirudin mengungkapkan bahwa Musabaqah Tilawatil Qur’an Tingkat Kabupaten Banggai ke 42 tahun 2023 mampu menjadi ajang yang melahirkan qori-qoriah terbaik.

Ia optimistis peserta MTQ akan bersaing pada perhelatan yang akan datang, baik tingkat provinsi, nasional, bahkan hingga tingkat internasional.

Pada pembukaan itu, dirangkaikan pelantikan Dewan Hakim yang berjumlah 78 orang, Panitera 18 orang, dan Petugas Data sebanyak 3 orang.

Pelantikan tersebut menandai komitmen untuk menyelenggarakan MTQ dengan menjunjung nilai keadilan dalam penilaian. *

error: Content is protected !!