Nasional

Soal Inflasi, Begini Pesan Mendagri Buat Gubernur

303
×

Soal Inflasi, Begini Pesan Mendagri Buat Gubernur

Sebarkan artikel ini
Mendagri RI Muhammad Tito Karnavian

Luwuk Times– Inflasi masih terjadi pada sejumlah daerah di Indonesia. Hal itu butuh pengendalian dari semua kepala daerah.

Terkait dengan itu, sejumlah pesan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian kepada para gubernur sebagai wakil pemerintah pusat di daerah

Tugas tersebut salah satunya dapat dilakukan dengan menggelar rapat bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) maupun bupati/wali kota di daerahnya.

Menurut Mendagri sebagaimana dikutip Luwuk Times dari laman resmi Kemendagri RI, rapat tersebut penting untuk mengetahui kondisi inflasi. Seperti daerah mana saja yang angka inflasinya tinggi serta jenis komoditas apa saja yang menyebabkan naiknya inflasi.

Kemudian gubernur juga dapat melakukan koordinasi maupun langkah intervensi untuk mengendalikan inflasi.

“Saya mohon betul kepada rekan-rekan gubernur baik Bapak/Ibu gubernur sebagai wakil pemerintah pusat di daerah, tolonglah paling tidak sebulan (sekali) rapat mengenai inflasi ini, baik dengan TPID (Tim Pengendalian Inflasi Daerah), Forkopimda, itu ada rapat itu saja sudah bagus. Kemudian sekdanya juga rapat (dengan) Satgas Pangan secara detail dan kemudian tolong rapat juga dengan bupati wali kota,” ujar Mendagri saat memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Daerah di Gedung Sasana Bhakti Praja Kantor Pusat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta, Senin (27/2/2023).

error: Content is protected !!