IKLAN
Parpol

Didorong Menjadi Ketua Demokrat Banggai, Begini Respon Samiun Agi

752
×

Didorong Menjadi Ketua Demokrat Banggai, Begini Respon Samiun Agi

Sebarkan artikel ini
Penulis: Sofyan Labolo

Samiun Agi: Zalim kalau kemudian saya tidak menerimanya. Karena melihat kondisi ini, maka tidak ada alasan menolak kalau ini keinginan partai

Samiun L. Agi

Luwuk Times.ID — Periodeisasi kepengurusan DPC Partai Demokrat Kabupaten Banggai baru akan berakhir tahun 2027.

Meski masih tiga tahun lagi kepemimpinan Suwardi Dg Baso (SDB), namun sudah lahir wacana agar partai ini segera menggelar musyawarah cabang luar biasa (Muscablub).

Hanya ada satu figur yang dinilai layak sehingga didorong menjadi Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Banggai. Ia adalah Samiun L. Agi.

Terkait dengan wacana sekaligus aspirasi yang lahir dari kalangan kader partai berlambang bintang mercy ini, Samiun memberi jawaban.

“Saya itu tidak pernah meminta yang namanya sebuah jabatan. Tetapi hari ini, saya sebagai seorang kader Demokrat, kalau itu diserahkan, maka saya tidak punya alasan untuk menolak. Tapi untuk meminta tidak,” kata Samiun yang ditemui di kediamannya, Sabtu (20/04/2024).

Bahkan Samiun menyambung statemennya, “zalim kalau kemudian saya tidak menerimanya. Karena melihat kondisi ini, maka tidak ada alasan menolak kalau ini keinginan partai”.

Samiun mengaku optimis, jika amanah itu diberikan padanya, maka Partai Demokrat Banggai akan mampu mengembalikan kejayaannya.

Baca:  Ditantang PKS Banggai belum ada Surat Pengunduran Diri, Begini Reaksi Haji Samiun

“Insya Allah atas bantuan Allah saya yakin Partai Demokrat Banggai akan besar di Banggai,” tegas caleg terpilih DPRD Dapil IV Sulteng ini.

Demokrat Banggai Terpuruk

Di Kabupaten Banggai, Partai Demokrat sempat berjaya. Partai ini pernah mengirim kadernya duduk pada unsur pimpinan DPRD Banggai.

Namun power partai berlambang bintang mercy ini melemah. Pada pemilu 2019-2024, tak ada satupun kader Partai Demokrat yang duduk sebagai anggota DPRD Banggai.

Dari catatan Luwuk Times, kejayaan partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Kabupaten Banggai saat pemilu 2009.

Partai yang didirikan di Indonesia tanggal 9 September 2001 ini, sukses mengirim tiga wakil rakyatnya.

Mereka adalah Evert Kuganda (almarhum), Yoyo Handoyo dan Hanira Lasantu.

Dan kala itu, Evert yang juga Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Banggai menduduki jabatan Wakil Ketua DPRD Banggai.

Pada pemilu berikutnya atau 2014-2019, jumlah keterwakilan Partai Demokrat di parlemen berkurang menjadi 2 kursi.

Selain Evert yang selanjutnya diganti oleh Sukardi Djau juga ada Badrin Nonsi.

Baca:  Kepengurusan Demokrat Banggai Dievaluasi Total, Mardiman: Muscablub

Lima tahun berikutnya Partai Demokrat terpuruk. Pada pemilu 2019-2024 tak ada satupun kader partai yang melenggang mulus ke parlamen lalong.

Dan terakhir pada Pemilu 2024-2029, Demokrat Banggai kembali gagal mengirimkan wakilnya di parlemen lalong.

Berbeda jauh dengan Demokrat Banggai Kepulauan dan Banggai Laut. Para kadernya mampu mengirim kader nya di lembaga legislatif.

Di Kabupaten Banggai Laut Demokrat meraih 4 kursi dan di Banggai Kepulauan 3 kursi. Sementara di Kabupaten Banggai 0 kursi.

Kondisi ini terselamatkan dengan hadirnya Samiun L. Agi. Dia sukses menyumbang 1 kursi dari Dapil IV Sulteng (Banggai, Banggai Kepulauan dan Banggai Laut).

Adapun penyeberan perolehan suara Samiun yakni Banggai 5.903 suara, Banggai Kepulauan 1.736 suara dan Banggai Laut 1.436 suara.

Sehingga pantas lah Samiun didorong sebagai calon Ketua DPC Partai Demokrat Banggai. Tujuannya ingin mengembalikan kejayaan Partai Demokrat di Kabupaten Banggai. *

Baca: Mengenal Ramli Mbani, Caleg Terpilih DPRD Banggai Partai Golkar Peraih Suara Terkecil

error: Content is protected !!